12 Oktober Memperingati Hari Apa?

ZONATIMES.COM – 12 Oktober Memperingati Hari Apa?

Hari Penglihatan Sedunia

Pada hari Kamis kedua di bulan Oktober, Hari Penglihatan Sedunia menantang semua orang untuk fokus pada kesehatan mata, kebutaan, dan gangguan penglihatan.

Hari ini merupakan panggilan untuk tindakan dan upaya meningkatkan kesadaran tentang perawatan mata di seluruh dunia. Pencegahan penyakit membantu mengurangi kebutaan dan gangguan penglihatan. Selain pencegahan, Hari Penglihatan Sedunia berupaya meningkatkan pengakuan dan akses ke perawatan bagi mereka yang membutuhkan layanan tersebut.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 285 juta orang dari segala usia mengalami gangguan penglihatan. Penyebab gangguan penglihatan termasuk kesalahan refraktif yang tidak dikoreksi dan katarak. Sayangnya, 80% dari semua gangguan penglihatan dapat dicegah. Orang-orang dengan gangguan penglihatan yang miskin hanya kekurangan dana untuk mendapatkan kacamata. Banyak orang lain tidak mampu membayar operasi katarak, atau tidak ada yang dapat melakukannya di komunitas mereka.

Dari mereka yang mengalami gangguan penglihatan, 39 juta orang adalah buta. Berikut adalah 4 penyebab buta yang paling umum:

  • Komplikasi mata akibat diabetes
  • Degenerasi makula
  • Glaukoma
  • Cedera traumatis

Di negara-negara yang belum berkembang, penyakit menular adalah penyebab utama kebutaan. Penyakit-penyakit ini termasuk herpes, trakoma, dan kusta. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan kebutaan. Retinopati yang berkembang pada bayi prematur juga dapat menyebabkan kebutaan.

Dari pendidikan, perawatan, dan program-program, kesadaran akan kebutaan telah berkembang pesat dalam 20 tahun terakhir. Dahulu, pembaca Braille dan anjing penuntun penglihatan adalah salah satu cara paling umum untuk membantu orang buta. Sekarang, bantuan bagi orang buta atau penglihatan terbatas termasuk alas kaki khusus yang memungkinkan orang buta berjalan ke arah yang benar. Teknologi lainnya termasuk mata buatan dan kacamata yang membantu penderita buta warna melihat warna.

Tidak hanya mencari cara untuk meningkatkan layanan, World Sight Day juga bertujuan untuk meningkatkan cara dunia memandang orang-orang dengan gangguan penglihatan.

CARA MERAYAKAN #WorldSightDay Di seluruh dunia, 149 negara merayakan World Sight Day. Acara-acara kesadaran meliputi seminar, peluncuran, penggalangan dana, pertemuan massa, dan acara online. Untuk merayakan World Sight Day, bergabunglah dalam perayaan dunia World Sight Day di International Agency for the Prevention of Blindness. Bayangkan bagaimana rasanya hidup di dunia yang tidak bisa Anda lihat.

Salah satu cara lain untuk memahami gangguan penglihatan dan kebutaan adalah dengan membaca. Beberapa buku yang bisa Anda baca termasuk “All the Light We Cannot See” oleh Anthony Doerr dan “Crashing Through: A True Story of Risk, Adventure, and The Man Who Dared to See” oleh Robert Kurson. Gunakan #WorldSightDay untuk berbagi di media sosial.

Baca Juga: Riwayat Pendidikan Capres 2024

Hari Petani Nasional

12 OKTOBER Hari Petani Nasional pada tanggal 12 Oktober memberikan penghargaan yang sangat layak bagi para petani yang bekerja keras di seluruh negeri. Di tengah musim panen, hari ini memberikan penghormatan kepada pria, wanita, dan keluarga yang menjual makanan di toko-toko kelontong dan meja makan kita setiap hari.

CARA MERAYAKAN HARI PETANI NASIONAL Selain mengucapkan terima kasih kepada para petani, pertimbangkan peluang-peluang berikut untuk belajar lebih banyak tentang pertanian:

  • Pelajari lebih banyak tentang proses dari pertanian hingga meja.
  • Temukan lebih banyak tentang semua makanan yang Anda konsumsi.
  • Hadiri festival-festival kecil di kota. Festival-festival ini sering menampilkan makanan dan budaya kehidupan petani. Dengan mendukung festival-festival tersebut, Anda juga mendukung petani dan komunitas mereka.
  • Dukung petani lokal. Bagaimana caranya? Belilah buah dan sayur dari pasar petani. Cara lain untuk mendukung petani lokal adalah dengan berinvestasi dalam pertanian kooperatif. Kunjungi pertanian “pilih sendiri.” Pertanian-pertanian ini tidak hanya menawarkan buah-buahan dan sayuran segar, tetapi juga pengalaman langsung dalam pemanenan. Meskipun Anda tidak menggunakan peralatan, Anda akan menikmati waktu bersama teman dan keluarga. Ini juga merupakan pengalaman pendidikan. Pengalaman pertanian lain yang menyenangkan dan mendidik ditemukan di kebun labu. Tempat-tempat pertanian ini menawarkan berbagai kegiatan penuh hasil bumi musim gugur yang sering ditanam secara lokal. Ketika Anda mendukung petani Anda, Anda juga mendukung komunitas Anda.
  • Kunjungi masyarakat sejarah kota kecil Anda. Mereka tidak hanya mencatat sejarah kota, tetapi juga sejarah para petani yang membantu membangun dasar-dasar Amerika kota-kota kecil.

(12 Oktober Memperingati Hari Apa?)