Mega Proyek Sulawesi Selatan: 12 Potensi Investasi yang Menjanjikan

ZONATIMES.COM12 Mega Proyek di Sulawesi Selatan! – Sulawesi Selatan, atau yang lebih dikenal sebagai Sulsel, telah menjadi sorotan investor berkat beragam sumber daya alam dan potensi ekonominya yang besar. Dalam upaya untuk memfasilitasi proses investasi di wilayah ini, Pemerintah Provinsi Sulsel bersama dengan Bank Indonesia telah menggagas “South Sulawesi Investment Forum.” Forum ini bertujuan untuk mendorong pengembangan ekonomi berkelanjutan di Sulsel yang merambah berbagai sektor, dan akan menjadi ajang penting bagi para investor. Dalam artikel ini, kita akan membahas 12 mega proyek di Sulawesi Selatan yang akan disajikan dalam South Sulawesi Investment Forum.

South Sulawesi Investment Forum (SSIF)

Pemerintah Provinsi Sulsel, dengan dukungan Bank Indonesia, merencanakan penyelenggaraan “South Sulawesi Investment Forum” (SSIF). Forum ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada para investor untuk menjajaki peluang investasi di Sulsel. Tema utama dari SSIF adalah “Reinforcing The Downstream Industry and Circular Economy.” Hal ini mencerminkan komitmen Pemerintah Sulsel untuk mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulsel, Asrul Sani, SSIF akan menjadi wadah bagi investor untuk mendapatkan informasi tentang potensi investasi di Sulsel. Forum ini dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Oktober 2023.

Mempersiapkan Peluang Investasi

Sebagai persiapan untuk SSIF, Pemerintah Provinsi Sulsel telah melakukan pemetaan terhadap seluruh peluang investasi di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Informasi ini akan disajikan kepada para investor dalam SSIF. Upaya ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai peluang investasi yang ada di Sulsel kepada investor potensial.

Dalam konteks investasi berkelanjutan, proses ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang lebih luas, termasuk penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan berbagai potensi investasi yang telah diidentifikasi, Sulsel berharap dapat menarik minat investor untuk berkontribusi pada pembangunan wilayah ini.

12 Mega Proyek di Sulawesi Selatan

Berikut adalah 12 mega proyek di Sulawesi Selatan yang akan disajikan dalam South Sulawesi Investment Forum:

1. Budidaya Sapi Potong (Beef Cattle Cultivation) di Bone

  • Nilai Proyek: Rp 36,37 miliar

2. Kawasan Industri Bantaeng (Bantaeng Industrial Area)

  • Nilai Proyek: Rp 183 triliun

3. Industri Pengalengan Ikan Terintegrasi di Wilayah Perikanan dan Kelautan (Integrated Fish Canning Industry in Fisheries and Marine Area) di Sinjai

  • Nilai Proyek: Rp 1,051 triliun

4. Pengembangan Minapolitan di Wilayah Selayar (The Development of the Minapolitan Selayar Area) di Selayar

  • Nilai Proyek: Rp 10,9 miliar

5. Pusat Perdagangan dan Pariwisata Japparate (Japparate Commercial and Tourism Center) di Kota Makassar

  • Nilai Proyek: Rp 5,1 triliun

6. Jalan Tol Pesisir Selatan (South Coastal Toll Road)

  • Nilai Proyek: Rp 13,2 triliun

7. Budidaya Rumput Laut (Seaweed Farming) di Bone

  • Nilai Proyek: Rp 33,1 miliar

8. Kawasan Industri dan Gudang Pare-pare (Pare-pare Industrial and Warehouse Estate)

  • Nilai Proyek: Rp 150 miliar

9. Kawasan Pariwisata Pulau Pasi Gusung Selayar (Pasi Gusung Selayar Island Tourism Zone)

  • Nilai Proyek: Rp 540,82 miliar

10. Pabrik Minyak Sawit (Palm Oil Factory)

  • Nilai Proyek: Rp 132 miliar

11. Industri Galangan Kapal Yassiberui (Yassiberui Shipyard Industry) di Barru

  • Nilai Proyek: Rp 143 miliar

12. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tolo 2 (Wind Power Plant Tolo 2) di Jeneponto

  • Nilai Proyek: Rp 1,9 triliun

Seluruh proyek ini memiliki potensi besar untuk menggerakkan perekonomian Sulsel dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Dalam SSIF, investor akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang masing-masing proyek dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi dalam pengembangannya.

Kesimpulan

Sulawesi Selatan telah menjadi destinasi menarik bagi para investor, dan South Sulawesi Investment Forum adalah langkah positif untuk mempromosikan peluang investasi di wilayah ini. Dengan pemetaan peluang investasi yang komprehensif dan presentasi 12 mega proyek yang menjanjikan, Sulsel berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakatnya. Melalui kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta, Sulsel semakin siap untuk menjadi salah satu pusat investasi terkemuka di Indonesia.