5 Kesalahan Reseller Pemula Bikin Tak Kunjung Untung

Gambar Gravatar
Jumat, 15 Okt 2021, 9: 54 am-Bisnis

ZONATIMES.COM – Menjadi reseller salah satu cara berbisnis yang banyak diminati. Tentu, karena orang bisa mempunyai bisnis tanpa modal besar. Reseller menjadi pilihan menarik untuk memulai bisnis.

Melansir Kompas.com, Founder distributor fesyen online 101Red.com, Christina Lie mengatakan, menjadi reseller memiliki beberapa keuntungan, termasuk tak perlu pusing dengan proses yang panjang seperti pabrik produksi dan inovasi produk. 

Kendati demikian, menjadi reseller tidak mutlak gampang dijalankan. Sebab, ada saja kesalahan yang cenderung diabaikan. Nah, berikut ini ulasan 5 kesalahan reseller pemula yang bikin tak kunjung untung. 

Tampilan Toko Kurang Menarik

Kesalahan bagi reseller pemula adalah membiarkan tampilan toko di marketplace seadanya saja. Padahal, menurut Christina, tampilan toko di marketplace dan di media sosial harusnya sama-sama bagus sehingga akan menarik minat pembeli.

Perlu diketahui, membuat tampilan marketplace yang menarik sesuai target pembeli dapat meningkatkan kesempatan produk dapat terjual lebih banyak.

Deskripsi Produk Tidak Lengkap

Tak sedikit reseller yang asal-asalan dalam mengisi kolom deskripsi dan informasi produk. Hal ini dapat berdampak negatif bagi reseller karena citra toko akan menjadi buruk di mata calon pembeli.

Christina menegaskan, informasi yang lengkap serta deskripsi produk yang jelas dapat membantu para calon pembeli dalam memutuskan untuk membeli produk yang dijual,” katanya.

Tidak Menjadi Hubungan dengan Reseller Lain

Perlu diketahui, mendekatkan diri dengan reseller lain adalah hal penting untuk menciptakan kedekatan. Salah satu caranya adalah dengan membuat grup WhatsApp atau media sosial lainnya, atau bergabung dengan grup yang sudah ada. Ketika sudah tergabung di dalam grup yang sama, perkenalkan lah diri kita agar lebih terbuka dan mengenal satu sama lain.

Interaksi antar reseller di grup dapat dimanfaatkan untuk berkolaborasi di masa mendatang, misalnya ketika stok barang habis dan membutuhkan stok barang lain. Sayangnya, masih banyak reseller yang belum memanfaatkan kesempatan ini.

Stok Kurang Lengkap

Meskipun hanya sebagai reseller atau menjual produk orang lain, pastikan kita tetap menguasai betul produk tentang produk yang dijual. Hal ini penting untuk membantu calon pelanggan yang mungkin masih berpikir apakah barang tersebut penting atau tidak untuknya.

Selain itu, pastikan stok barang juga lengkap dan bervariasi. Ketersediaan stok juga bisa berkontribusi terhadap kepercayaan lebih pelanggan terhadap toko kita dan semakin mengundang pesanan baru.

Untuk hasil yang lebih maksimal, memiliki jam operasional toko lebih lama dan memberikan respons yang cepat terhadap pertanyaan calon pelanggan di marketplace atau media sosial juga akan menghadirkan kenyamanan lebih pada pelanggan ketika mereka berbelanja.

Layanan Pengiriman Tidak Lengkap

Sediakan solusi pengiriman dengan berbagai layanan, seperti Cash on Delivery (COD) ataupun pengiriman di hari yang sama (same day), sehingga pelanggan akan bebas memilih layanan pengiriman.

Ketersediaan jenis ekspedisi yang lengkap juga menambah pengalaman berbelanja yang positif di mata pelanggan.

Nah, itulah setidaknya 5 kesalahan pemula bagi reseller yang bisa berakibat fatal. Bukannya untung malah tak kunjung mendapatkan untung.