oleh

Cara Mudah Dapat Listrik Gratis PLN Bulan Mei 2020

Jumat, 01 Mei 2020, 4: 45 pm
Ilustrasi (CNBC Indonesia)

ZONATIMES.COM, – Seperti diketahui, pemerintah Indonesia menggratiskan listrik bagi pelanggan, baik prabayar dan pascabayar berdaya 450 VA. Sementara untuk pelanggan PLN 900 VA (bersubsidi) mendapatkan keringanan atau diskon 50 persen dari pemakaian satu bulan.

Upaya pemerintah menggratiskan listrik ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Rencananya pemerintah akan menggratiskan listrik selama tiga bulan mulai dari April hingga Juni 2020.

Nah Kamu yang bulan April kemarin mendapatkan listrik gratis dan diskon 50 persen dari PLN, bisa segera melakukan klaim listrik gratis untuk bulan Mei dari sekarang. Kamu bisa mengklaim token listrik gratis lewat website resmi PLN di www.pln.co.id atau melalui nomor WhatsApp di 08122-123-123 dengan mudah.

Cara Mudah Dapat Listrik Gratis PLN Bulan Mei 2020

Lalu bagaimana cara dapat listrik gratis PLN Mei 2020 ini? Pada dasarnya, cara mendapatkan listrik gratis dari PLN ini ini sama dengan bulan April lalu. Bagi pelanggan listrik 450 VA pascabayar, secara otomatis penggunaan listrik selama tiga bulan dari mulai bulan April, Mei, dan Juni akan digratiskan. Dalam waktu tiga bulan tersebut, pelanggan tidak dikenakan biaya sedikitpun, meski pelanggan sepuasnya menggunakan listrik.

Baca Juga  Ini Cara Ampuh Menghindari Penipuan Berkedok Investasi

Sementara itu, bagi pelanggan listrik 900 VA (pascabayar), PLN hanya akan menagih biaya 50 persen saja dari penggunaan listrik selama tiga bulan.

Nah, bagi pelanggan listrik pasca bayar ini, pelanggan tidak usah melakukan pendaftaran untuk mendapat listrik gratis, dengan memberikan nomor ID ke website PLN. Pelanggan pasca bayar akan otomatis mendapatkan listrik gratis sehingga tidak perlu tahu bagaimana cara dapat listrik gratis PLN Mei.

Cara dapat Token Gratis untuk Pelanggan Prabayar

Namun, bagi kamu yang menggunakan listrik prabayar atau token, kamu mesti tahu langkah-langkah untuk mendapatkan listrik atau token gratis. Pertama, kamu bisa mendapatkan klaim listrik gratis dengan masuk ke laman resmi PLN yakni www.pln.go.id. Begini caranya:

1. Login atau masuk dulu ke laman www.pln.go.id

2. Setelah masuk atau login, kamu plih menu pelanggan dan klik kolom stimulus Covid-19

Baca Juga  Masa Pandemi Covid-19, Kehadiran Gojek di Bulukumba Dinilai Membantu Pedagang Kecil

3. Masukan nomor meter atau ID pelanggan.

4. Jika berhasil, nomor token akan muncul pada layar.

5. Kamu tinggal memasukan nomor token gratis tersebut ke meteran.

Selain lewat website resmi PLN, kamu juga bisa mencoba cara daftar listrik gratis PLN Mei lewat nomor whatsapp PLN. Caranya seperti ini.

1. Pertama, kamu buka aplikasi whatsaap pada smartphone

2. Kemudian lakukan chat ke nomor 08122-123-123 . Setelah itu, kamu tinggal mengikuti petunjuk, salah salah satunya dengan memasukkan nomor ID Pelanggan.

3. Jika berhasil, token gratis akan muncul pada pesan whatsaap.

5. Kamu tinggal memasukan nomor token gratis tersebut ke meteran.

Sama seperti pelanggan listrik pasca bayar, pelanggan listrik pasca bayar yang mendapatkan listrik gratis ini hanya untuk yang listriknya berdaya 450 VA. Sementara untuk yang 900 VA (subsidi), pemerintah hanya memberikan keringanan diskon 50 persen dari pemakaian sebulan.

Cara Membedakan Listrik Subsidi dan Non Subsidi

Selain kamu harus tahu cara dapat listrik gratis PLN Mei, kamu juga harus tahu bahwa listrik gratis dari PLN ini tidak untuk semua pelanggan PLN, namun hanya bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA yang disubsidi. Lalu bagaimana cara membedakan listrik subsidi dan non subsidi?

Baca Juga  Nasib Penata Rias dan Usaha Salon Saat Corona

1. Pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek struk pembayaran listrik. Jika pada kolom tarif atau daya tertera kode R1, maka kamu berhak mendapatkan keringanan. Jika pada. Struk pembayaran listrik tertulis, kode R1M, Anda tidak berhak dapat keringanan listrik gratis.

Adapun kode listrik yang bisa mendapatkan listrik gratis adalah R1/450 VA (Gratis), R1T/450 VA (Gratis), R1/900 VA (Diskon) dan R1T/900 VA (Diskon). Sementara kode 900 VA yang tidak berhak mendapatkan diskon 50 persen yaitu R1M/900 VA (Kode Mampu) dan R1MT/900 VA.

Nah itulah cara dapat listrik gratis PLN bulan Mei yang bisa kami sampaikan. Meski banyak masyarakat yang mengeluh tak kebagian listrik gratis, kamu mungkin saja beruntung. Semoga bermanfaat, selamat memcoba.

Artikel:HR Online

Baca Juga