oleh

Cara Daftar Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN 2020

Senin, 17 Feb 2020, 4: 40 pm
Ilustrasi (Foto:Kompas)

ZONATIMES.COMBagi siswa dan siswi lulusan sekolah Sekolah Menengah Atas (SMA) seluruh Indonesia yang ingin lanjut kuliah di Perguruan Tinggi (PT). Bagi calon peserta yang masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus melakukan registrasi akun di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Hal tersebut agar calon peserta SBMPTN agar bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat kelulusan. Adapun cara registrasi akun LTMPT adalah sebagai berikut:

Pertama, melakukan registrasi di laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 17 Februari hingga 5 April 2020. Registrasi harus mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal kelahiran.

Setelah itu, siswa calon peserta melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Langkah selanjutnya adalah memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa.

Baca Juga  Siswa SMA Negeri 2 Bone Berbagi Takjil di Jalan

Setelah memilih menu tersebut siswa mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.Tahap selanjutnya, siswa memilih menu pendafttaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Kemudian, calon peserta melakukan pembayaran di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

“Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam,” demikian keterangan dalam situs resmi LTMPT dilansir CNN. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut para calon peserta harus login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.

Baca Juga  Hari Kartini, Kaukus Perempuan Parlemen Sulsel Gelar Aksi Sosial

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut para calon peserta harus login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.

Tahapan selanjutnya, para peserta mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggalm sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi); Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi); Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Baca Juga  Dukung Pemerintah, Relawan Gerak Muda Bagikan Masker dan Edukasi Warga Sinjai

Biaya yang ditanggung oleh peserta UTBK adalah Rp200 ribu untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum; Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

Bagi calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya. Adapu  pengumuman hasil UTBK 2020 dapat dilihat secara serentak pada 12 Mei 2020 pukul 17.00 WIB.

Komentar

Baca Juga