oleh

Cegah Corona, Remaja Masjid Sediakan Tempat Cuci Tangan di Kampung Gusung Bantaeng

Sabtu, 04 Apr 2020, 1: 49 pm
Ikatan Remaja Masjid Nurul Karim Gusung (Irmagus) (Foto:Ist)

ZONATIMES.COM, Bantaeng – Virus Corona atau Corvid-19 yang telah menyebar luas di sejumlah daerah di Indonesia. Terkhusus di Sulawesi Selatan data pasien terinfeksi positif Covid-19 sudah ada 82 orang.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini tak henti-hentinya dilakukan oleh pemerintah, tak terkecuali para relawan, masyarakat yang juga turut andil dalam memotong mata rantai Covid-19.

Berbagai metode atau cara yang dilakukan sesuai dengan petunjuk WHO dan keprotokoleran Covid-19, seperti penyemprotan disinfektan dan selalu hidup bersih-sehat dengan membiasakan mencuci tangan sesudah dan bahkan sebelum beraktivitas.

Baca Juga  Dihadapan BKMT Tallo, Dosen UMI Ini Bahas Mental Spiritual

Edukasi seperti ini tak hanya di perkotaan, di pelosok pedesaan juga terlihat nyata kepedulian masyarakat dalam membiasakan menjaga kebersihan dan kesehatan dengan menyediakan tempat-tempat cuci tangan di ruang publik di tengah merebaknya Covid-19.

Seperti halnya dilakukan oleh remaja masjid Nurul Karim Kampung Gusung, kelurahan Lamalaka, kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Sejumlah tempat cuci tangan disebar di beberapa titik sentral di pemukiman masyarakat demi cegah Covid-19.

“Kita berfikir bagaimana upaya kita ini sebagai bagian dari masyarakat mengantisipasi masalah ini (Covid-19), yah yang kami lakukan dengan pengadaan tempat cuci tangan,” kata Ahmad, Ketua Ikatan Remaja Masjid Nurul Karim Gusung (Irmagus) ke zonatimes.com, Sabtu (4/3/2020).

Baca Juga  Orientasi Ecobrick di Area Car Free Day Sinjai

Donasi pengadaan tempat cuci tangan ini, kata Ahmad dari swadaya masyarakat dan pengadaannya diinisiasi Irmagus karena Covid-19 sangat mengkhawatirkan cepat dan mudah penyebarannya, untuk mengantisipasinya diadakan tempat cuci tangan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Donasi dari swadaya masyarakat dan pengadaan tempat cuci tangan ini sudah berjalan selama 3 hari. Kita berharap dengan adanya tempat itu, masyarakat lebih peduli kebersihan dan kesehatan untuk mencegah Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga