oleh

Di Hadapan Guru Madrasah se Sulselbar, Dua Pembicara dari UIN Bahas Ini

Gambar Gravatar-Edukasi - 16 Oktober 2019

ZONATIMES.COM, Makassar – Guru-guru bahasa Inggris madrasah se Sulselbar Ikuti pengembangan profesi dan karier guru, di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar Selasa, 15 Oktober 2019.

Kegiatan pengembangan keprofesian ini dibuka langsung oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (GTK Madrasah) Prof. Dr. Suyitno.

Pengembangan keprofesian ini juga dihadiri oleh narasumber dari Kabiro Akademik dan Kemahasiswaan UIN Alauddin Dr. Yuspiani dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Dr. Marjuni.

“Sangat penting pengembangan profesi ini sebagai kelanjutan bagi guru madrasah setelah melalui proses sertifikasi untuk penguatan ilmu,” kata Ketua Panitia dari Kasi Bina Madrasah Kementerian Agama Pusat, Mustafa Fahmi.

Dr Yuspiani sebagai pembicara memberikan memotivasi kepada para guru-guru untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang magister. Bahkan ia menceritakan perjuangannya untuk merintis guru berprestasi pada madrasah sampai dia membawa guru-guru keluar negeri sewaktu dia kepala bidang madrasah Kanwil Kemenag Sulsel.

Guru-guru bahasa Inggris madrasah se Sulselbar Ikuti pengembangan profesi dan karier guru di Hotel Gammara Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar (Foto: Istimewa/zonatimes.com)
Guru-guru bahasa Inggris madrasah se Sulselbar Ikuti pengembangan profesi dan karier guru di Hotel Gammara Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar (Foto: Istimewa/zonatimes.com).

Sementar itu, Dr Marjuni yang juga sebagai narasumber menjelaskan dihadapan guru-guru sedikitnya alumni dari UIN Alauddin Makassar, bahwa regulasi tentang alur pengembangan profesi dan karier guru melalui program PPG di FTK.

Menurutnya, dari PP No 74 Tahun 2005 Tentang Guru terdapat 2 alur yaitu pembinaan dan pengembangan profesi meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, kepemimpinan serta pembinaan dan pengembangan karier.

Sekedar diketahui ada beberapa poin tentang pengembangan keprofesian dilakukan secara berkelanjutan atas dasar profil kinerja guru dengan tujuan:

1. Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
2. Memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam memfasilitasi proses belajar.
3. Mewujutkan guru yang memiliki komitmen kuat melaksanakan tugas pokok sebagai tenaga profesional.
4. Menumbuhkan rasa cinta terhadap profesi guru.

Komentar

Baca Juga