oleh

Dihadapan BKMT Tallo, Dosen UMI Ini Bahas Mental Spiritual

Gambar Gravatar-Edukasi - 4 Oktober 2019

ZONATIMES.COM, Makassar – Salah satu dosen tetap Pendidikan Agama Islam (PAI) UMI, Bambang Sampurno, realisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat.

Pengabdian ini dalam bentuk ‘Halaqah Ilmu’ pembinaan mental spiritual secara rutin kepada masyarakat Kecamatan Tallo, khususnya BKMT Tallo di Masjid Haji Suka Tallo Lama, Jumat, 4 September 2019.

Dihadapan puluhan kader BKMT, Bambang Sampurno menjelaskan tentang eksistensi majelis taklim sebagai sarana dakwah dan tempat pengajaran ilmu-ilmu keislaman yang memiliki basis tradisi sejarah yang kuat, yaitu sejak era Nabi Muhammad SAW mensyiarkan agama Islam di awal-awal risalah beliau.

Baca Juga  Stop Kekerasan Anak, Ketua PKK Kota Makassar Apresiasi Kegiatan PAAR

Bahkan hingga kini keberadaan majelis taklim masih menjadi pilihan para pegiat dakwah termasuk bagi dosen pendidikan agama sebagai sarana paling efektif  dalam melanjutkan tradisi penyampaian pesan-pesan agama ke tengah-tengah umat tanpa terikat oleh suatu kondisi tempat dan maupun waktu.

Lanjut kata dia, upaya memaksimalkan peran dan fungsi majelis taklim yang perlu dilakukan saat ini adalah: pertama, dengan memperkuat fungsi majelis taklim sebagai tempat pengajaran agama Islam secara luas, yang meliputi pengkajian tentang pokok-pokok ajaran Islam dan kaitannya dengan persoalan sehari-hari yang dihadapi oleh umat Islam itu sendiri.

Baca Juga  Tahanan di Gowa Makan Spesial Bersama Kapolsek Bajeng di Ruang Sel

Kedua, kata dia lagi, meningkatkan fungsi majelis taklim dari tempat penyelenggaraan pengajian menjadi wahana melakukan kaderisasi umat Islam. Kaderisasi adalah suatu sistem menyiapkan generasi yang akan datang. Sistem ini dikemas dan diaktualisasikan dengan sungguh di majelis taklim.

“Setiap majelis taklim, sesuai dengan tujuan, misi dan visinya harus melakukan pengkaderan di kalangan jamaahnya. Dengan demikian keberlangsungan majelis taklim akan terus berlanjut,” jelasnya saat menyampaikan tauziahnya.

Komentar

Baca Juga