oleh

Gencarkan Urban Farming, DP2 Makassar Gelar Pelatihan Teknologi Hortikultura

Gambar Gravatar-Edukasi - 20 September 2019

ZONATIMES, Makassar – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar pelatihan teknologi hortikultura untuk urban farming yang produktif dan kompetitif.

Di mana dalam pelaksanaannya, pelatihan teknologi hortikultura ini diikuti sebanyak 300 orang peserta yang terdiri dari kelompok tani, Kelompok Wanita Tani (KWT), Poktanrong dan penyuluh pertanian yang tersebar di 15 Kecamatan di Kota Makassar, pada Jumat, (20/9/2019).

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando memberikan arahan dalam pelatihan teknologi hortikultura untuk urban farming yang produktif dan kompetitif, pada Jumat (20/9/2019).

Kepala DP2 Kota Makassar, Abdul Rahman Bando dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam rangka pengembangan produk hortikultura yang berbasis teknologi produktif dan kompetitif menuju agribisnis holtikultura.

Di mana, pihaknya juga berkomitmen melalui pelatihan ini dapat menjadikan Kota Makassar sebagai basis pertanian organik di Indonesia.

“Sebagai langkah awal kita bisa membuat urban farming karena cukup mudah dan efisien dengan memanfaatkan halaman rumah dan lorong-lorong dengan menggunakan polybek, pot bunga dan drum bekas”, ujar Rahman.

Urban farming, kata dia, merupakan era baru pertanian yang sangat mudah dikembangkan. Anak-anak muda pun mulai menggemari karena penanaman dengan sistem hidroponik jauh lebih sehat sehingga memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan mampu menekan angka inflasi beberapa komoditas di Kota Makassar.

“Ini jadi tugas penyuluh pertanian ke depan agar program pertanian organik dapat berjalan dan sesuai harapan kita semua,” tutup Rahman. (*)

Komentar

Baca Juga