oleh

Inovasi Mahasiswa KKN UIN, Learning Room di Pojok Desa Labokong Soppeng

Rabu, 11 Mar 2020, 11: 30 pm
Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar di Desa Labokong Soppeng pojok Learning Room (Foto:Muhdi Akbar)

ZONATIMES.COM, Soppeng – Labokong, salah satu desa yang berada dalam kawasan kecamatan Donri-Donri kabupaten Soppeng, yang berjarak kurang lebih 5 KM dari pusat kecamatan Donri-Donri dan jarak dari pusat kota kabupaten Soppeng kurang lebih 12 KM.

Labokong, salah satu desa terpilih diantara 8 desa lainnya sebagai tempat atau posko Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UIN Alauddin Makassar Angkatan 62 Tahun 2020. Terhitung sejak tanggal 3 Maret 2020 lalu hingga 45 hari ke depan mahasiswa KKN akan mengabdikan dirinya salah satu tugas dari kampus.

Sejak tiba dilokasi KKN, terhitung mahasiswa UIN Alauddin Makassar  telah menjalankan tugasnya dengan memulai observasi lingkungan desa dan perencanaan program dari hasil survey kondisi masyarakat.

Baca Juga  Temui Konstituen di Wajo, Andi Etti Dorong Penguatan Koperasi dan Usaha Kecil

Salah satu program kerja yang ditawarkan pada saat seminar KKN di kantor desa, Senin, (9/3/2020) lalu salah satunya Learning Room. Learning Room berarti ruang belajar dimana bertujuan untuk memberikan pembelajaran plus terpadu pada masyarakat desa Labokong yang dikhususkan pada anak-anak desa setempat.

Learning Room itu direspon baik oleh masyarakat terlebih lagi pejabat desa Labokong yakni Sekretaris Desa Labokong, Rusliadi Darwis. Menurutnya Learning Room telah lama direncanakan dan sempat berjalan, namun keterbatasan guru serta metode pengajaran.

Baca Juga  Iqbal Suheab Atasi Banjir di Makassar dengan FKP DAS Sulsel

Tak hanya sampai disitu, Rusliadi Darwis juga mengharapkan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar yang ada di desa Labokong melalui program Learning Room bisa menjadikan anak-anak desa Labokong lebih giat belajar bukan saja pada jam sekolah tetapi juga di luar jam sekolah.

Learning Room dilaksanakan di posko mahasiswa KKN itu sendiri, di pojok rumah panggung. Disitulah mereka menebar manfaat pengetahuan. Selepas ba’da Asar anak-anak desa setempat berbondong-bondong datang membawa buku dan pulpennya masing-masing sambil tersenyum berharap hari ini ada kakak-kakak KKN yang siap menjadi penyalur pemgetahuan kepada mereka.

Baca Juga  Pelajar Mahasiswa Bantaeng Berbagi Takjil Peduli Pengendara

Program Learning Room hingga 45 hari kedepan mahasiswa KKN akan tetap menjalankan program itu di samping menjalankan program lain semata-mata sebagai bentuk pengabdian untuk menjadikan insan manusia menjadi manusia seutuhnya. Dari pancaran senyum anak-anak desa Labokong menjadi pertanda bahwa merekalah nanti para generasi pembangkit desanya yang berakhlak mulia dan tercerahkan.

Penulis: Muhdi Akbar
(Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Angkatan 62 Tahun 2020 di Desa Labokong, Kecamatan, Donri-Donri, Kabupaten Soppeng)

Baca Juga