oleh

Peserta Membludak, Grand Seminar Hypnoparenting di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar

Gambar Gravatar-Edukasi - 9 Februari 2020

ZONATIMES.COM, SelayarHypnoparenting adalah sebuah pola pengasuhan yang menggunakan metode hipnosis. hypnoparenting bertujuan menyugesti anak sesuai dengan masalah yang diderita.

Metode terapi ini bertujuan menanamkan sugesti positif untuk mengubah perilaku si anak. Ada yang asalnya nakal bisa menjadi baik, ada yang manja jadi percaya diri. Tergantung apa yang diinginkan oleh orang tuanya.

Keberhasilan metode ini bergantung pada penerapan berkelanjutan yang dilakukan orang tua di rumah. Pada terapi hypnoparenting, orang tualah yang pertama dijadikan obyek wawancara. Orang tua harus terbuka tentang semua hal dari kondisi latar belakang si anak hingga lingkungan sosialnya, Karena sangat mungkin memori negatif si anak waktu dari kecil terbawa hingga ia beranjak dewasa.

Dari situ, seorang terapis bisa mendiagnosis masalah pada anak. Kemudian, baru anak yang diwawancara, lalu disimpulkan. Hasil diagnosis tersebut diberikan kepada orang tua, yang selanjutnya diberi petunjuk untuk menjalankan metode hipnosis di rumah. Caranya tidak lepas dari berkomunikasi, mendidik, membimbing, mengubah kebiasaan, dan menyugesti si anak berdasarkan permasalahan anak.

banyak orang tua yang keliru dalam berkomunikasi dengan anaknya. Pada usia dini, anak kebanyakan menggunakan otak kanan yang dominan menggunakan perasaan. “Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung logis.

Baca Juga  Wakil Rektor UIN Bicara Perdamaian Dunia: Santri Jaga Tradisi dan Berpikir Global

Pada intinya, orang tua harus menanamkan sugesti postif pada anaknya. Yang juga harus diperhatikan adalah memahami perkembangan si anak dan, jika perlu, melibatkan orang yang dekat dengan anaknya, misalnya guru atau kakak dan adiknya.

Orangtua merupakan panutan anak. Semua hal yang dilakukan dan diucapkan orangtua dapat ditiru oleh anak dengan mudahnya. memang anak-anak sangat mudah meniru perilaku dan perkataan yang sering ia lihat dan dengar dari sekelilingnya. Sehingga, Anda sebagai orangtua harus hati-hati dalam bersikap dan berkata di depan anak.

Dan, tahukah Anda bahwa secara tidak langsung itu adalah hipnosis? Perilaku dan perkataan yang diulang-ulang di depan anak Anda, bisa jadi itu dapat menghipnosis anak Anda. Secara tidak sadar, Anda telah melakukan hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, sebagai orangtua sebaiknya bersikap dan berkata yang baik di depan anak, sehingga secara tidak langsung Anda menanamkan hal-hal positif kepada anak.

Pengasuhan merupakan proses merawat dan mendidik yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Semua aspek perkembangan anak harus dipahami oleh orang tua. Disisi lain, pengasuhan juga bisa dilakukan sebaliknya, yaitu anak kepada orang tua. Seorang anak harus mampu merawat kembali orang tuanya ketika sudah memasuki masa tua.

Baca Juga  Dilantik, JPN Makassar Siap Berkontribusi di Dunia Pendidikan

Hal tersebut terungkap melalui grand seminar hypnoparenting dengan tema mendidik dengan cinta di Pendopo Rumah jabatan Bupati Kepulauan Selayar Sabtu, 8 Februari 2020.

Muhammad Anwar, selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan kiat-kiat menjaga hubungan antara orangtua dan anak, seperti memberikan perhatian, selalu berkomunikasi meskipun jarak jauh hingga memahami karakteristik orangtua dan anak.
Kegiatan ini di hadiri oleh 350 lebih peserta, yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bupati Kepulauan Selayar. Bapak H. Basli Ali saat menyampaikan sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan Grand Seminar Hypnoparenting dengan tema mendidik dengan cinta ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi para orangtua.

“Kita ketahui anak zaman sekarang susah di atur, Grand seminar Hypnoparenting ini sebagai teknik pola asuh bekerja langsung pada pikiran bawah sadar anak. Orang tua, guru dapat menerapkan pola asuh termasuk mendisiplinkan anak atau Peserta didik secara mudah tanpa paksaan,” tuturnya kepada peserta

Ia juga menjelaskan bahwa para orangtua dan guru butuh wawasan baru dan butuh ilmu baru sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuan.

“Solusi terbaik dengan mengubah kebiasaan, mulai berani, dan mengubah mindset bahwa membuat orang tua merasa bahagia, walaupun hanya berupa ucapan,” kata Anwar di hadapan para peserta.

Baca Juga  Top, SMAN 3 Makassar Raih Penghargaan Piala Merak Sekolah Ramah Anak

Di sela-sela kegiatan, Anwar juga melakukan beberapa simulasi-simulasi yang berkaitan dengan hypnotis dan pengembangan diri kepada beberapa peserta.

“Penguatan emosi dan penyiapan diri untuk membahagiakan orang tua di awali dengan self Affirmation Hypnosis,” kata Anwar.

Ia melanjutkan dengan mengajak para peserta untuk merenung dan instropeksi diri atas kesalahan yang pernah dilakukan khususnya kepada orang tua dan anak-anak mereka.

PESERTA GRAND SEMINAR HYPNOPARENTING DI PENDOPO RUJAB
PESERTA GRAND SEMINAR HYPNOPARENTING DI PENDOPO RUJAB.

Anwar juga memotivasi para peserta meraih kesuksesan sebagai orangtua. Salah satu peserta merasa fresh dan termotivasi untuk berbuat lebih baik baik demi buah hatinya.
“Saya senang ikut ini, nggak nyesel jadinya,” ujar Ibu Maya salah satu peserta seminar

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Selayar menjelaskan dalam sambutannya bahwa semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan baru bagi orang tua juga guru dalam menambah ilmu baru, sehingga bisa meningkatkan kompetensi di masing-masing lembaga ” terangnya penuh harap.

Untuk diketahui, hypnoparenting adalah komunikasi secara mental melalui pikiran bawah sadar anak. Kalimat-kalimat afirmatif yang disampaikan ketika anak sedang dalam kondisi rileks. Orang tua menanamkan sugesti melalui kalimat-kalimat afirmasi sesuai kebutuhan anaknya, langsung ke alam bawah sadar sesuai sugesti tersebut.

Komentar

Baca Juga