oleh

Remaja Masjid Azhar Meriahkan HSN Lewat Lomba dan Dzikir Akbar

Gambar Gravatar-Edukasi - 22 Oktober 2019

ZONATIMES.COM, Makassar – Pengelola TKQ – TPQ serta Himpunan Remaja Masjid Azhar (Hirma) menggelar lomba antar santri serta Dzikir Akbar dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019.

Sejak jumat 18 Oktober hingga 22 Oktober 2019, digelar lomba dan festival anak shaleh bagi para santriwan-santriwati dari berbagai TKQ-TPQ se Kecamatan Mamajang.

Dalam sambutannya pada pembukaan lomba, Nurfadilla M.Putri selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa kegiatan ini adalah agenda rutin dari Pengelola TKQ-TPQ Masjid AZHAR sejak ditetapkannya Hari Santri sebagai even nasional oleh Presiden Joko Widodo tiga tahun lalu.

Lebih lanjut kata dia, festival anak shaleh kali ini diikuti lebih banyak peserta ketimbang tahun-tahun sebelumnya, dan tersebar di beberapa kategori lomba, diantaranya lomba Keterampilan Ibadah Shalat, Lomba Adzan, Lomba Tilawah, Hifdzil Quran, Puitisasi Terjemahan Al-Quran, dan tentunya Lomba Nyanyi Mars HSN.

Puncak acara akan ditutup dengan Pembacaan Seribu Shalawat Nariyah dan Dzikir Akbar yang akan dipandu oleh DR. KH. Abbas M.Ali Mayo, Lc., M.A (Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Mukhlisin, Pangkep).

Sementara sambutan Pengurus Takmir Masjid AZHAR, Chairunnisa Sulaiman, S.M., menyatakan bahwa urgensi memeriahkan HSN tiap tahunnya adalah karna semangat yang dimiliki oleh seorang santri itu akan mampu merubah stereotipe Islam yang dirusak oleh kelompok radikalis.

“Islam Wastahiyah atau yang Rahmatan lil ‘alamin, penuh cinta dan kasih bagi sesama. Itulah ajaran fundamental dari para kyai dan asatidz kepada para santri untuk senantiasa dijawantahkan dalam praktik kehidupan dimana saja kita berada,” ujar Chairunnisa Sulaiman.

Kegiatan HSN 2019 yang digawangi oleh Forum Santri Nasional serta dukungan penuh dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Makassar dan Pemerintah Kota Makassar.

Komentar

Baca Juga