Bupati Bulukumba Kenalkan Potensi Sumber Daya Alam kepada Ahli Asal Belanda dan Australia

ZONATIMES.COM, Bulukumba – Pemerintah Bulukumba menyelenggarakan webinar yang membahas mengenai pembangunan berkelanjutan di setiap sektor ekonomi dan sosial. Webinar dilangsungkan, di Pendopo Rujab Bupati, Selasa (3/8/2021). Webinar diikuti seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Bulukumba. 

Kadis Kominfo dan Persandian  Muhammad Daud Kahal menjadi moderator webinar tersebut. Bupati Bulukumba H. A Muchtar Ali Yusuf menjadi pembicara utama dalam webinar tersebut. 

Pemateri lainnya, ahli bidang Pertanian dan Air Asin Mr. Peter Qoyen, ahli bidang Air Bersih dan Energi Hydro Mr. Robert Nemmers, dan  ahli bidang Kopi dan Kakao Sutamto Abdullah. 

Andi Utta, sapaan akrab Bupati Bulukumba memaparkan potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Bulukumba. Ia menuturkan webinar tersebut merupakan ajang saling berbagi ilmu, pendapat, serta masukan. Hal demikian sebagai upaya untuk meningkatkan potensi daerah yang ada di berbagai sektor. Termasuk di dalamnya sektor ekonomi dan sosial.

Andi Utta  juga menjelaskan kepada para peserta seminar tentang berbagai potensi yang ada di Kabupaten Bulukumba. Baik itu di bidang pariwisata, pertanian, kelautan, serta potensi di bidang lainnya.

Di bidang pertanian, kata Andi Utta menjelaskan potensi komoditas kopi. Dimana Kabupaten Bulukumba menghasilkan 2000 ton produksi kopi per tahunnya. Kopi tersebut dikirim ke Toraja kemudian dikemas dengan merek yang dikenal sebagai “Toraja Coffe”. Atas potensi itu, Andi Utta akan mengupayakan untuk memiliki nama merek kopi sendiri untuk dipasarkan secara luas. 

Karena adanya potensi produksi kopi, Andi Utta akan mengupayakan punya merek tersendiri untuk dikenalkan ke masyarakat secara luas. “Ketika ditanya saya belum kenal yang namanya Kopi Kahayya atau Kopi Bulukumba, yang ada hanya Kopi Toraja, Insya Allah nanti Bulukumba akan punya brand (kopi) sendiri karena ketika dibranding Bulukumba juga bisa dikenal sebagaimana kopi Toraja,” tutur Andi Utta Bupati yang juga berlatar belakang pengusaha.

Pada sektor sumber daya air, Andi Utta mengatakan bahwa Kabupaten Bulukumba memiliki sumber daya air yang terbilang cukup besar. Dimana sumber mata air pegunungan cukup banyak sehingga ke depannya akan mengembangkan sistem water management yang lebih baik agar masyarakat Bulukumba dapat merasakan manfaat sumber daya air yang ada di Kabupaten Bulukumba.

“Ada beberapa sumber air yang bisa diolah PDAM, bahkan ada sumber mata air di Bulukumba yang kadar Ph nya tinggi, kedepan  PDAM akan diorientasikan untuk memanfaatkan sumber air sehingga bisa dirasakan masyarakat,” tutur Bupati.

Selain itu Bupati Andi Utta juga mengajak para narasumber yang berasal dari Australia dan Belanda tersebut berkunjung ke Bulukumba untuk meninjau langsung potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Bulukumba saat pandemi Covid-19 berakhir.