Tukar Uang Rusak Kini Bisa Lewat Gadget, Ini Caranya

ZONATIMES.COM – Sangat jarang memang kita punya uang yang rusak. Melainkan kondisi dimana, habis bulan habis uang. Betul?

Tapi kalau misalnya, dalam kondisi sengaja atau tidak sengaja, uang kamu rusak, Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang rusak. Kalau ada. 

Cara menukar uang rusak ini tidak ribet. Bisa dilakukan melalui gadget. Sebab, layanan penukaran uang rusak bisa diakses bahkan melalui smartphone. Kamu cukup membuka situs https://pintar.bi.go.id.

Dalam keterangan resminya,  Kepala Departemen Komunikasi Direktur Eksekutif BI Erwin Haryonodalam mengatakan, Aplikasi PINTAR hadir untuk memudahkan masyarakat menukar uang rusak atau cacat. Caranya dengan memilih lokasi kantor BI tempat penukaran uang, waktu penukaran, dan jumlah nominal uang yang akan ditukar.

Penukaran uang rupiah rusak atau cacat di BI dapat dilakukan pada pukul 08.00-11.30 waktu setempat.

Kemudian, masyarakat melakukan penukaran uang rupiah rusak atau cacat di kantor BI sesuai dengan tanggal, waktu, dan lokasi yang telah dipesan, dengan membawa bukti pemesanan melalui aplikasi PINTAR. 

Layanan ini merupakan salah satu upaya bank sentral dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat. Dengan mengurangi antrian pemesanan pada layanan penukaran uang, bank sentral dapat memperkuat layanan publik di era kenormalan baru.

Maka dengan adanya aplikasi ini, membuat layanan penukaran uang bagi masyarakat semakin pasti, akurat, aman, nyaman, dan mudah.