Sulit Bertahan Hidup, Pelaku Industri Film Surati Jokowi Lewat Medsos

Gambar Gravatar
Sabtu, 06 Mar 2021, 9: 46 am-Entertainment

ZONATIMES.COM, JAKARTA – Industri film yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Sudah satu tahun lebih mewabah di Indonesia, pelaku industri film Indonesia berjuang untuk bertahan hidup.

Melalui media sosial, sejumlah insan film Tanah Air menyurati Presiden Jokowi. Mereka meminta bantuan untuk menyelamatkan industri film di tengah pandemi Covid-19.

Melalui pantauan Zonatimes.com, surat terbuka itu diunggah beberapa selebritas. Seperti Baim Wong dan Titi Kamal.

Industri film Indonesia

Di awal surat itu, menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 mencekik industri perfilman yang kehilangan pemasukan terbesarnya karena bioskop harus tutup.

Meski sekarang bioskop sudah dibuka dengan kapasitas 50 persen, masyarakat masih takut berkunjung. Akibatnya, pemasukan industri film semakin tipis. Sementara pembajakan terus merajalela.

Dalam surat itu juga dijelaskan, eksistensi film di Indonesia sangat penting. Keberhasilan industri film di sebuah negara merupakan investasi besar.

Berdasarkan data yang mereka himpun, jumlah penonton meningkat 20 persen per tahun selama empat tahun sebelum pandemi. Pertumbuhan ini, menurut mereka, menjadikan Indonesia sebagai pasar film nomor sepuluh terbesar dunia dengan nilai pasar US$500 juta pada akhir 2019.

Surat ditutp dengan kalimat, “Dukungan dari pemerintah akan membuat kami bisa terus bekerja membuat film, menayangkannya, dan memberikan rasa aman ke penonton untuk kembali ke bioskop.”