5 Penyakit Berisiko Disebabkan Perut Buncit, Atasi dengan Cara Alami Ini

Gambar Gravatar
Jumat, 26 Mar 2021, 3: 04 pm-Health

ZONATIMES.COM – Perut buncit bukanlah persolan sepele. Sebab, bukan hanya mengganggu percaya diri seseorang, malainkan adanya risiko penyakit lainnya.

Dilansir dari Alodokter.com, seseorang yang perutnya buncit berisiko terkena penyakit jantung, kanker, diabetes, alzheimer, dan sindrom metabolik.

Kemunculan perut buncit biasanya disebabkan adanya penumpukan lemak viseral di dalam dan sekitar rongga perut.

Jangan dianggap biasa saja, penumpukan lemak pada perut dapat membuat organ tubuh di sekitar perut menjadi tertutup. Jangan khawatir, perut buncit bisa diatasi dengan cara alami.

5 Cara Alami Atasi Perut Buncit

Setidaknya, ada 5 cara alami untuk mengatasi perut buncit. Cara tersebut sangat sederhana dan bahkan bisa dilakukan di rumah.

Kurangi Makanan Mengandung Lemak dan Gula

Keberadaan lemak perut sering dikaitkan dengan konsumsi lemak jenuh dan gula yang berlebihan. Lemak jenuh sendiri biasa ditemukan pada daging sapi, mentega, dan produk susu.

Untuk mencegah terbentuknya timbunan lemak di perut, sebaiknya utamakan konsumsi lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari ikan dan kacangan-kacangan.

Batasi juga asupan kalori secara umum, karena kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori dapat membuat perut buncit.

Olahraga Kardio

Selain mencukupi kebutuhan serat, Anda juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga kardio. Jika dilakukan secara rutin beberapa kali seminggu, olahraga kardio dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang sangat efektif, karena dapat membantu membakar lemak di daerah perut.

Disarankan untuk melakukannya selama 5 jam dalam seminggu. Padukan juga dengan jenis olahraga lain guna mempercepat pembakaran lemak perut.

Cukupi Asupan Serat

Salah satu cara mengecilkan perut buncit yang banyak direkomendasikan adalah mencukupi asupan serat. Sebuah studi menunjukkan, serat dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Penelitian lain bahkan mengungkapkan bahwa pola makan tinggi serat dan karbohidrat kompleks disertai pembatasan asupan lemak efektif dalam membantu mengurangi berat badan.

Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, flaxseed, alpukat, brokoli, ubi jalar, wortel, jambu, pir, dan apel.

Redakan Stres

Stres juga sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab menumpuknya lemak di perut. Saat Anda stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan.

Pelepasan hormon dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut. Untuk meredakan stres, Anda disarankan melakukan meditasi dan yoga secara rutin.

Istirahat yang Cukup

Menurut sebuah penelitian, waktu dan kualitas tidur turut berpengaruh pada meningkatnya jumlah jaringan lemak di perut. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa orang yang kurang tidur atau justru tidur terlalu lama, memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan lemak dan berat badan.

Maka dari itu, cukupi kebutuhan tidur selama 7 jam per hari dan usahakan untuk konsisten menjaga waktu tidur Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi penumpukan lemak di tubuh, terutama di daerah perut yang buncit.

Selain ke-5 cara tersebut, cara yang paling efektif mengatasi perut buncit adalah dengan memperbaiki pola hidup. Terutama dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, mengontrol konsumsi karbohidrat, dan menghindari rokok serta minuman beralkohol.

Memperbaiki pola hidup bukan tidak mungkin Anda dapat mengecilkan perut buncit dalam waktu yang singkat.