Bahaya Konsumsi Sabu Suntik yang Dipakai Komika Coki Pardede

Gambar Gravatar
Jumat, 03 Sep 2021, 11: 12 am-Health

ZONATIMES.COM, Jakarta – Komika Coki Pardede terjerat kasus penyalahgunaan sabu-sabu menggunakan sabu suntik. Pihak kepolisian mengungkap bahwa Coki Pardede menggunakan sabu-sabu dengan menggunakan jarum suntik. Penggunaan sabu pakai jarum suntik disebut tak lazim dan berbahaya.

Melansir Detik.com, Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Pratomo Widodo mengayakan, sabu yang digunakan lewat suntik kenikmatannya lebih cepat dan 100 persen kenikmatannya. Namun jarang dilakukan karena berbahaya. 

Penggunaan sabu dengan jarum suntik akan berdampak fatal, bisa mengakibatkan kematian.

Melansir Alodokter.com, dr. Devika Yuldharia menjelaskan bahayanya menggunakan sabu suntik. Tindakan suntik melalui pembuluh darah vena hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis, seperti dokter serta perawat dan bidan dibawah pengawasan dokter.

Penyuntikan oleh orang yang tidak memiliki kompetensi atau bukan tenaga medis sangat beresiko menyebabkan flebitis, pecahnya pembuluh darah di tempat suntikan, infeksi, penyebaran penyakit menular termasuk HIV dan hepatitis bila jarum bergantian, hingga emboli yang bisa sangat berbahaya.

Terkait dengan pembengkakan dan terasa hangat serta nyeri di bekas suntikan, bisa disebabkan karena pembuluh darah vena pecah saat injeksi, terjadi peradangan pada vena (flebitis), dan infeksi pada tempat penyuntikan.