Cara Menghilangkan Dahak dan Lendir

Gambar Gravatar
Selasa, 20 Apr 2021, 6: 29 pm-Health

Cara Menghilangkan Dahak dan Lendir yang perlu anda ketahui. Dahak adalah sejenis lendir yang diproduksi di paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Ini paling terlihat ketika seseorang sakit parah atau memiliki kondisi kesehatan yang lama.

Lendir membentuk lapisan pelindung di bagian tubuh tertentu, bahkan ketika seseorang dalam keadaan sehat. Lendir menjaga area ini agar tidak mengering dan membantu mempertahankan diri dari penyerang, termasuk virus dan bakteri. Melakukan tindakan berikut dapat membantu menghilangkan Dahak dan Lendir yang berlebihan:

Menjaga kelembapan udara. Udara kering mengiritasi hidung dan tenggorokan, menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk sebagai pelumas. Menempatkan pelembab kabut dingin di kamar tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, menjaga hidung tetap bersih dan mencegah sakit tenggorokan .

Minum banyak cairan. Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk menjaga lendir tetap encer. Saat seseorang sakit pilek, minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan lendir dan membantu sinus mengering. Orang dengan alergi musiman mungkin juga menemukan bahwa tetap terhidrasi membantu menghindari hidung tersumbat.

Menerapkan waslap basah yang hangat ke wajah. Ini bisa menjadi obat yang menenangkan untuk sakit kepala sinus yang berdebar-debar . Menghirup melalui kain lembab adalah cara cepat mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan. Panas akan membantu meredakan nyeri dan tekanan.

Menjaga kepala tetap tinggi. Jika penumpukan lendir sangat mengganggu, tidur dengan sandaran beberapa bantal atau di kursi malas dapat membantu. Berbaring datar dapat meningkatkan ketidaknyamanan, karena mungkin terasa seolah-olah lendir berkumpul di bagian belakang tenggorokan.

Tidak menekan batuk. Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan penekan saat mengalami batuk berdahak yang mengganggu. Namun, batuk adalah cara tubuh menjaga sekresi keluar dari paru-paru dan tenggorokan. Gunakan sirup obat batuk secukupnya, jika ada.

Bagaimana Cara Menghilangkan  Dahak dan Lendir?

Menyingkirkan dahak secara diam-diam. Saat dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, tubuh kemungkinan besar akan berusaha mengeluarkannya. Meludahkannya lebih sehat daripada menelannya.

Menggunakan semprotan hidung atau bilas garam. Semprotan garam atau irigator dapat membersihkan lendir dan alergen dari hidung dan sinus. Cari semprotan steril yang hanya mengandung natrium klorida, dan pastikan untuk menggunakan air steril atau suling saat mengairi.

Berkumur dengan air garam. Ini dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan membantu membersihkan sisa lendir. Satu sendok teh garam dalam segelas air hangat bisa dikumur beberapa kali sehari. Itulah beberapa ulasan tentang mengilangkan  Dahak dan Lendir yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengilangkan dahak dan lendir. Sekian dari saya terima kasih.