Manfaat Tuak Manis dan Cara Sederhana Membuatnya

Gambar Gravatar
Jumat, 29 Jan 2021, 5: 35 pm-Health

ZONATIMES.COM Tuak adalah salah satu minuman hasil fermentasi yang cukup banyak diminati. Minuman ini banyak diproduksi di berbagai daerah di Tanah Air.

Di Indonesia, tuak atau arak Bali yang paling terkenal. Gubernur Bali I Wayan Koster menetapkan bahwa arak Bali merupakan salah satu sumber daya keragaman budaya Bali.

Salah satu jenis tuak yang sering dikonsumsi adalah tuak manis. Meski mengandung alkohol, tuak aman dikosumsi selama dalam takaran yang tidak berlebihan.

Tuak manis mengandung manfaat bagi kesehatan. Journal of Experimental and Clinical Anatomy melaporkan, tuak bisa meningkatkan produksi serta pengeluaran ASI.

Karena membawa manfaat yang baik untuk kesehatan, tidak jarang tuak dijadikan sebagai obat-obatan herbal.

Nah, karena khasiat tuak membawa dampak baik bagi kesehatan, tuak manis bisa diproduksi secara sederhana.

Selain cara membuatnya yang sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tuak manis pun mudah ditemukan.

Melansir resepminumanterkini.com, berikut bahan dan cara membuat tuak manis.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah siapkan 600ml tuak manis yang belum difermentasi. Dengan 600ml tuak yang belum difermentasi, siapkan sekitar 10cm jahe sebagai baha tambahan.

Bahan jahe dibakar terlebih dahulu kemudian digeprek. Masukkan jahe yang sudah digeprek ke dalam panci. Kemudian, air nira yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam panci yang sudah terdapat jahe sambil disaring.

Setelah kedua bahan tercampur, rebus dengan api yang kecil sambil diaduk-aduk. Proses rebusan dilakukan sampai mendidih dan aroma jahenya menyebar. Kemudian diangkat.

Langkah selanjutnya adalah mendinginkan tuak manis yang sudah direbus. Setelah dingin, simpan tuak manis ke dalam kulkas. Selain enak diminum dingin, diminum selagi hangat juga bisa.