oleh

Mulai Pola Hidup Sehat dengan Berhenti Merokok, Berikut Tipsnya

Sabtu, 21 Sep 2019, 6: 06 am
Ilustrasi berhenti merokok. Sumber gambar: google.

ZONATIMES.COM – Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal baik, termasuk dengan memulai pola hidup sehat seperti berhenti merokok. Karena berdasarkan hasil dari berbagai jurnal kesehatan, aktivitas merokok telah terbukti membawa banyak dampak negatif, baik bagi tubuh sendiri (perokok aktif) maupun orang lain (perokok pasif).

Beberapa dari dampak negatif tersebut di antaranya, menyebabkan gangguan fungsi jantung, paru-paru, kehamilan pada perempuan, hingga yang terparah mengakibatkan kematian.

Olehnya, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berhenti merokok menjadi solusi dalam rangka mengurangi terjadinya gangguan kesehatan pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Baca Juga  Gugus Covid-19 Kindang Bulukumba Minta Warga Sadar untuk Periksakan Diri

Berikut zonatimes.com telah merangkum berbagai tips yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok:

1. Berniat untuk berhenti merokok

Setiap usaha yang dilakukan sebaiknya dibarengi dengan niat baik. Ini sebagai bentuk sugesti dan langkah awal untuk berhenti merokok.

2. Mencari alternatif lain

Untuk berhenti secara langsung mungkin terbilang susah. Namun dengan mencari alternatif lain dapat membantu mengurangi jumlah rokok yang dihisap, seperti halnya dengan mengkonsumsi permen atau pisang susu ketika sedang ingin merokok.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Dosen UIN Makassar Produksi Hand Sanitizer dari Daun Pegagan

3. Mengurangi jumlah rokok yang dihisap;

Jika sebelumnya mampu menghabiskan sebungkus rokok dalam sehari, maka kali ini cobalah untuk mengurangi jumlah tersebut. Misalnya saja hanya menghabiskan tiga batang saja dalam sehari. Kemudian berlanjut satu batang per hari, hingga pada akhirnya tidak ada lagi rokok yang dihisap.

4. Konsultasi ke psikiater;

Konsultasi ke psikiater dapat memberikan dari segi psikologi berupa sugesti sehingga akan menunjang keberhasilan dalam upaya berhenti merokok.

5. Berhenti saat hamil.

Bagi wanita yang sedang hamil, maka tidak perlu lagi cara yang bertele-tele untuk berhenti merokok. Demi kesehatan dan keselamatan ibu dan janin maka langsunglah berhenti sepenuhnya!. (*)

Komentar

Baca Juga