oleh

Terjebak Macet Akibat Demo, Ini 5 Tips Penangkal Pegal

Gambar Gravatar-Health - 26 September 2019

ZONATIMES.COM – Aliansi mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi akan menggelar aksi di depan gedung DPR hari ini. Tak cuma mahasiswa, massa dari Serikat Petani Indonesia (SPI) juga berencana melakukan demonstrasi di tempat yang sama.

Karena aksi ini, polisi melakukan rekayasa lalu lintas selama demonstrasi di beberapa titik. Tidak menutup kemungkinan, imbasnya akan menyebabkan kemacetan yang cukup melelahkan. Menurut Psikolog Liza Marielly Djaprie dari Sanatorium Dharmawangsa, seseorang bisa jadi lebih mudah stres karena mengalami kemacetan lho.

Biar nggak jadi mudah stres, yuk manfaatkan waktu macet tersebut dengan berolahraga ringan. Spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto SpKO memberikan 5 tips olahraga yang bisa dilakukan saat macet di dalam mobil, seperti dilansir dari detikhelath:

1. Peregangan tangan

Karena bekerja seharian, maka perlu melakukan peregangan-peregangan pada daerah lengan, baik pada lengan bawah maupun lengan atas, bagian depan dan bagian belakang.

2. Peregangan bahu

Kemudian lakukan peregangan pada daerah bahu akibat pekerjaan yang cukup berat, seperti pekerjaan tulis menulis, mengetik, dan pekerjaan kantor lainnya. Karena berada di dalam kendaraan, kita bisa melakukan repetisi yang lebih banyak. Dengan demikian kita bisa melakukan dua sampai tiga repetisi dan masing-masing ditahan sebanyak 5 hitungan.

3. Peregangan punggung

Melakukan peregangan pada punggung dan dada. Dengan melakukan gerakan tersebut, yang penting adalah perut harus terkunci dalam setiap gerakan. Dengan demikian perut akan kencang dan otot akan turut terlatih.

4. Peregangan pinggang

Berikutnya adalah peregangan pinggang. Lakukan peregangan pinggang dengan menegakkan tubuh kemudian membusungkan dada. Pandangan lihat ke depan dan ditahan sebanyak 5 hitungan.

5. Aerobik

Nah, gerakan yang terakhir ialah latihan aerobik. Kita melakukan latihan tersebut dengan mengayuh sepeda mini atau mini cycle di dalam kendaraan.

Komentar

Baca Juga