Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Campak

Gambar Gravatar
Selasa, 06 Apr 2021, 11: 06 am-Health

Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Campak yang perlu anda ketahui. Campak, atau rubeola, adalah infeksi virus yang dimulai di sistem pernapasan. Ini masih tetap menjadi penyebab kematian yang signifikan di seluruh dunia, meskipun tersedia vaksin yang aman dan efektif.

Ada sekitar 110.000 kematian global terkait campak pada tahun lalu, kebanyakan dari mereka terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, menurut laporan tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)Sumber Tepercaya. Kasus Penyakit Campak juga semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pelajari lebih lanjut tentang gejala campak, cara penyebarannya, dan cara mencegahnya.

Penyebab campak

Campak disebabkan oleh infeksi virus dari keluarga paramyxovirus. Virus adalah mikroba parasit kecil. Setelah Anda terinfeksi, virus menyerang sel inang dan menggunakan komponen seluler untuk menyelesaikan siklus hidupnya.

Virus campak lebih dulu menginfeksi saluran pernafasan. Namun, akhirnya menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah. Campak hanya diketahui terjadi pada manusia dan tidak pada hewan lain. Ada24Sumber Tepercaya jenis genetik yang diketahui dari campak, meskipun saat ini hanya 6 yang beredar.

Apakah campak menyebar melalui udara

Campak dapat menyebar melalui udara dari tetesan pernapasan dan partikel aerosol kecil. Orang yang terinfeksi dapat melepaskan virus ke udara saat batuk atau bersin. Partikel pernapasan ini juga dapat mengendap di objek dan permukaan.

Anda dapat terinfeksi jika Anda bersentuhan dengan benda yang terkontaminasi, seperti gagang pintu, lalu menyentuh wajah, hidung, atau mulut Anda. Virus campak dapat hidup di luar tubuh lebih lama dari yang Anda kira. Faktanya, ia dapat tetap menular di udara atau di permukaan hingga dua jam Sumber Tepercaya.

Apa yang Menyebabkan Penyakit Campak?

Apakah campak menular

Campak sangat menular. Artinya, infeksi dapat menyebar dengan sangat mudah dari orang ke orang. Orang yang rentan terkena virus campak memiliki peluang 90 persen untuk terinfeksi. Selain itu, orang yang terinfeksi dapat terus menyebarkan virus ke antara 9 dan 18 orang yang rentan.

Seseorang yang menderita campak dapat menyebarkan virus ke orang lain bahkan sebelum mereka tahu bahwa mereka mengidapnya. Orang yang terinfeksi dapat menular selama empat hari sebelum ruam yang khas muncul. Setelah ruam muncul, mereka masih menular selama empat hari lagi.

Faktor risiko utama terkena Penyakit Campak adalah tidak divaksinasi. Selain itu, beberapa kelompok berisiko lebih tinggi terkena komplikasi infeksi campak, termasuk anak kecil, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, dan wanita hamil.