Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Kolera

Gambar Gravatar
Kamis, 01 Apr 2021, 10: 00 am-Health

Ulasan Lengkap Tentang Penyakit Kolera yang perlu anda ketahui. Kolera adalah penyakit bakteri serius yang biasanya menyebabkan diare parah dan dehidrasi. Penyakit ini biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi. Dalam kasus yang parah, perawatan segera diperlukan karena kematian dapat terjadi dalam beberapa jam. Ini bisa terjadi bahkan jika Anda dalam keadaan sehat sebelum Anda menangkapnya.

Negara-negara yang terkena dampak perang, kemiskinan, dan bencana alam memiliki risiko terbesar untuk berjangkitnya Penyakit Kolera. Pasalnya, kondisi tersebut cenderung memaksa masyarakat untuk tinggal di kawasan padat tanpa sanitasi yang layak.

Penyebab kolera

Kolera disebabkan oleh bakteri yang disebut Vibrio cholerae . Efek mematikan penyakit ini adalah hasil dari toksin kuat yang dikenal sebagai CTX yang diproduksi oleh bakteri ini di usus kecil Anda.

CTX mengganggu aliran normal natrium dan klorida saat berikatan dengan dinding usus Anda. Ketika bakteri menempel pada dinding usus kecil, tubuh Anda mulai mengeluarkan air dalam jumlah besar yang menyebabkan diare dan hilangnya cairan dan garam dengan cepat.

Persediaan air yang terkontaminasi adalah sumber utama infeksi kolera. Buah, sayuran, dan makanan mentah lainnya juga dapat mengandung bakteri penyebab kolera. Kolera biasanya tidak ditularkan dari orang ke orang melalui kontak biasa.

Apakah Anda berisiko

Siapa pun bisa sakit kolera, tetapi beberapa faktor dapat meningkatkan risiko Anda. Faktor risiko ini juga meningkatkan kemungkinan Anda mengalami kasus yang parah. Ini termasuk: kondisi tidak bersih (seperti sanitasi yang buruk dan air yang terkontaminasi)

tingkat asam lambung yang rendah (bakteri kolera tidak dapat hidup di lingkungan yang sangat asam), anggota rumah tangga yang sakit, golongan darah O (tidak jelas mengapa hal ini benar, tetapi lebih banyak orang dengan golongan darah ini tampaknya berisiko terkena kolera), makan kerang mentah (jika kerang hidup di perairan kotor di mana bakteri kolera hidup, peluangnya lebih besar untuk jatuh sakit).

Apa Itu Penyakit Kolera?

Gejala kolera

Mayoritas orang yang terkena kolera tidak pernah sakit. Dalam banyak kasus, Anda mungkin tidak pernah tahu bahwa Anda telah terekspos. Setelah Anda terinfeksi, Anda akan terus mengeluarkan bakteri kolera dalam tinja Anda selama 7 hingga 14 hari.

Kolera biasanya menyebabkan diare ringan sampai sedang, seperti penyakit lainnya. Satu dari 10 orang yang terinfeksi akan mengalami gejala khas dalam 2 hingga 3 hari setelah terinfeksi.

Ketidakseimbangan elektrolit pada akhirnya dapat menyebabkan syok. Itulah beberapa ulasan tentang Penyakit Kolera yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang penyakit kolera. Sekian terima kasih.