oleh

Dua WNA Rumania Diamankan Polda Sulsel Lantaran Bobol ATM BNI

Gambar Gravatar-Hukrim - 9 Oktober 2019

ZONATIMES.COM, Makassar – Dua (2) Warga Negara Asing (WNA) Rumania ditangkap Tim Ciber Cryme Polda Sulsel lantaran melakukan pembobolan Kartu Automated Teller Machine (ATM) milik Bank Negara Indonesia (BNI) dengan teknik Skimming.

Kedua warga Rumania yang diamankan tersebut masing – masing berinisial GA dan SR, keduanya diamankan saat sedang berada dijalan Mappanyukki Makassar yang diketahui lokasi para pelaku lakukan pemantauan mesin ATM yang telah dipasang skimming.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan motiv kedua warga Rumania tersebut mengambil uang nasabah dengan melakukan skimming pemasangan kamera dilokasi tombil pin mesin ATM.

“Motifnya dia terlebih dahulu tempelkan pada slot mesin ATM (Tempat masukkan pin ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer, Modus operasinya adalah mengkloning data pin nomor ATM nasabah,” ucapnya, Rabu, 9 Oktober 2019.

Kata dia, Melalui alat skimmer para pelaku pun menduplikasi data Pin nomor pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong, para pelaku lakukan aksinya tersebut dimesin ATM yang tak terpantau oleh kamera CCTV.

“Saat data nasabah telah diambil dia pun memindahkan seluruh uang nasabah ke ATM kosong melalui komputer dan diambil pada saat kedua pelaku telah berada dinegara di Rumania,” tuturnya.

Akibat ulahnya kedua WNA asal Rumania tersebut terancam hukuman 8 tahun penjara dan denda 800 juta Rupiah. (Anca)

Komentar

Baca Juga