oleh

Lazisnu Kota Makassar Salurkan 1,5 Ton Beras Zakat Fitrah

Kamis, 21 Mei 2020, 7: 54 pm
Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) kota Makassar AGH. Baharuddin HS serahkan zakat fitrah secara simbolis kepada mustahiq (Foto:Ist)

ZONATIMES.COM, Makassar – Zakat fitrah yang terkumpul dari masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) kota Makassar sekitar 1.5 ton beras mulai disalurkan kepada mustahiq (berhak menerima zakat) pada Kamis (21/5/2020) dini hari.

Penyaluran secara simbolis dilakukan oleh Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Sulsel KH. Amirullah Amri, bersama Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) kota Makassar AGH. Baharuddin HS.

Kemudian juga Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Makassar KH. Kaswad Sartono bertempat di Kantor PCNU Kota Makassar jalan Darul Maarif No. 26 Tammua Makassar, Kamis (21/5/2020).

Baca Juga  Abdi Manaf Mursaid: Perkuat NU dengan Sentuhan Aswaja ke Masyarakat

Selain itu, kehadiran Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Sulsel KH. Amirullah Amri di kantor PCNU Makassar, ia juga menyerahkan zakat fitrah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) melalui PP Lazisnu kepada Lazisnu kota Makassar.

“Saya hadir untuk meneruskan amanah PBNU melalui PP Lazisnu untuk menyerahkan zakat fitrah ke Lazisnu Makassar dan beberapa Lazisnu daerah lainnya di Sulawesi Selatan untuk selanjutnya disalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ujar KH. Amirullah Amri.

Sementara itu Ketua Tanfidziyah PCNU kota Makassar, Dr Kaswad Sartono tak lupa menyampaikan terima kasihnya kepada para muzakki (wajib zakat) yang telah mempercayakan Lazisnu kota Makassar sebagai tempat pembayaran zakat fitrahnya.

Baca Juga  Kesekian Kalinya LPBI NU Makassar Berbagi, Kali Ini Bantu Marbot Masjid

“Terimakasih para muzakki yang telah percayakan zakat fitrahnya di NU. Insya Allah Lazisnu kota Makassar akan menyalurkannya kepada orang yang betul-betul berhak menerimanya,” tutur Dr. Kaswad Sartono.

Dari Lazisnu kota Makassar mencatat zakat fitrah yang masuk dalam bentuk beras dan uang. Dan sampai saat ini per Kamis (21/5/2020) jika diakumulasikan dalam bentuk beras berjumlah mencapai sekitar 1,5 ton beras.

“Zakat fitrah ini akan disalurkan ke 15 Kecamatan se kota Makassar melalui Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC NU) di Kecamatan. Jadi masing-masing MWC menyetor Kartu Keluarga nama-nama mustahik yang akan menerima zakat fitrah,” jelas Sekretariat Lazisnu kota Makassar, Asrijal Syahruddin.

Baca Juga  Sambut JK, NU Makassar Hadiahi Cenderamata

Selain zakat fitrah, kata Asrijal, Lazisnu Makassar juga menerima zakat maal (harta), shadaqah dan pembayaran fidyah yang akan digunakan untuk kemaslahatan umat.

Turut hadir dalam acara penyerahan zakat fitrah ini KH. Muammar Bakry Wakil Ketua PWNU Sulsel, HM. Ashar Tamanggong Ketua Lembaga Da’wah Nahdatul Ulama (LDNU) kota Makassar dan beberapa Ketua MWC NU Kecamatan.

Baca Juga