oleh

Sebut Peran Besar Santri untuk NKRI, Andi Etti Pastikan PPP Perjuangkan Pesantren

Gambar Gravatar-Humaniora - 22 Oktober 2019

ZONATIMES.COM, Makassar – Sekretaris Fraksi PPP DPRD Sulsel, Andi Nurhidayati Zainuddin mengungkapkan, Sejarah panjang bangsa Indonesia hingga kini tidak terlepas dari perjuangan kaum santri dan institusi pesantren.

Olehnya itu kata Andi Etti sapaannya, sudah sepatutnya negara dan pemerintah memberikan porsi perhatian yang sangat besar kepada kaum santri dan pesantren.

“Penetapan Hari Santri sebagai salah satu Hari Nasional lewat keputusan presiden (Keppres) No. 22 tahun 2015 adalah sudah sepatutnya dilakukan oleh pemerintah sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada kaum santri,” ujar Legislator dari Dapil Soppeng-Wajo ini, Selasa 22 Oktober 2019.

Ketua Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) Sulsel ini berharap momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober tidak hanya menjadi ajang nostalgia untuk mengenang peran santri di masa lalu.

“Jika Pemilihan 22 Oktober sebagai Hari Santri tidak terlepas dari deklarasi resolusi jihad Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari, yang menyerukan kepada santri saat itu untuk berjuang mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan, maka resolusi jihad saat ini adalah bagaimana kaum santri terlibat aktif dalam menjaga keutuhan NKRI,” jelas Pengurus Muslimat NU Sulsel ini

Wakil Ketua PPP Sulsel ini menegaskan komitmen partainya, untuk memastikan dan mengawal kebijakan pemerintah untuk lebih pro kepada santri dan pesantren.

“Sebagai partai beazazkan Islam, PPP berkomitmen akan selalu berada di garda terdepan, untuk mengawal kebijakan pemerintah, baik di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota untuk memastikan regulasi yang menguatkan pesantren, (baik input, proses, output serta seluruh perangkat pendukungnya),” jelasnya.

“Kebijakan PPP tegas memerintahkan kepada seluruh kadernya baik yang duduk di lembaga eksekutif maupun legislatif agar konsen memperjuangkan pesantren, dan salah satu bukti dari perjuangan tersebut adalah lahirnya UU Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Ini tidak terlepas dari perjuangan PPP di DPR RI,” tutupnya.

Komentar

Baca Juga