Raja Salman Pecat Menteri Haji dan Umrah Muhammad Saleh bin Taher Benten

Gambar Gravatar
Minggu, 14 Mar 2021, 7: 45 am-International

ZONATIMES.COM – Raja Salman memecat Menteri Urusan Haji dan Umrah Muhammad Saleh bin Taher Benten, Jumat (12/3/2021). Pemecatan itu cukup mengagetkan banyak pihak. Sebab, alasan pemecatan tidak diungkap ke publik.

Muhammad Saleh bin Taher Benten menjabat sebagai Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi sejak 9 Mei 2016. Muhammad Saleh merupakan keturunan Banten.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Urusan Haji dan Umrah, Muhammad Saleh juga sebelumnya pernah merupakan CEO Saudi Post.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud juga turut merombak beberapa posisi pejabat tinggi lainnya. Dalam pemberitaan Ihram.co.id, Saudi Press Agency menyebut posisi Saleh bin Taher Benten akan digantikan oleh Essan bin Saad bin Saeed.

Meski menggantikan posisi Saleh bin Taher Benten sebagai Menteri Urusan Umrah dan Haji, Saad bin Saeed bakal tetap menjabat sebagai menteri negara dan anggota Dewan Menteri.

Raja Salman juga menunjuk Syekh Ali al-Saawi sebagai presiden Mahkamah Administrasi Tertinggi dengan pangkat seorang menteri.

Perombakan juga dilakukan di Otoritas Penerbangan Sipil. Dimana, sebelumnya dijabat oleh Syekh Abdul Hadi al-Mansouri. Kemudian digantikan oleh Syekh Abdul Aziz al-Duaij.

Sama halnya pemecatan Manteri Urusan Umrah dan Haji, perombakan Presiden Otoritas Penerbangan Sipil juga tidak diterangkan alasannya.