5 Mahasiswa Unhas Ciptakan Produk Inovatif di Masa Pandemi Covid-19

Gambar Gravatar
Kamis, 09 Sep 2021, 9: 35 am-kampus

ZONATIMES.COM, Makassar – Tim Proper, salah satu Tim PKM-K Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menciptakan produk inovatif yaitu permainan monopoli bertemakan pariwisata Indonesia berbasis Augmented Reality (AR) yang dinamakan Indonesia Virtual Field Tour.

Tim Proper  terdiri dari Wahyu Nurul Ramadanti (Manajemen), Nadya Septiani Sahas (Manajemen), Nadila Pratiwi (Akuntansi), Abdul Jalil Saleh (Matematika), dan Muhammad Fikri Khaikal (Teknik Informatika), dengan didampingi dosen pendamping Shinta Dewi Sugiharti Tikson, SE.,MM.

Ide Indonesia Virtual Field Tour ini muncul karena diberlakukannya PPKM akibat Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja. Melihat situasi ini, Tim Proper berusaha mengambil peluang dan memainkan peran dengan menciptakan produk Indonesia Virtual Field Tour sebagai permainan monopoly inovatif selama di rumah saja.

Indonesia Virtual field Tour merupakan permainan monopoli yang mengintegrasikan teknologi AR (Augmented Reality) sehingga memberi efek 3D. Objek pada permainan monopoly pada umumnya menggunakan nama Negara-negara di belahan dunia, sedangkan Indonesia Virtual Field Tour menampilkan kota-kota di Indonesia.

Selain terdiri dari set permainan monopoly seperti papan permainan, pion, rumah, dan hotel, Indonesia Virtual Field Tour juga dilengkapi aplikasi untuk memindai objek wilayah sehingga menampilkan objek 3D.

Aplikasi Indonesia Virtual Field Tour dapat diakses secara offline sehingga tanpa bantuan koneksi internet, Indonesia Virtual Field Tour tetap bisa digunakan. Di dalam Aplikasi tersebut, terdapat fitur voice over dan fitur informasi untuk menampilkan deskripsi objek wilayah.

Di halaman utama, terdapat tutorial menggunakan aplikasi. Aplikasi Indonesia Virtual Field Tour sudah tersedia di playstore sehingga memudahkan user untuk mengaksesnya.

Selain sebagai media bermain, Indonesia Virtual field Tour juga dapat dijadikan media belajar untuk lebih tahu dan mengenal berbagai daerah di Indonesia.