itb-bkn-kerja-sama-
Kampus ITB. Foto: itb.ac.id

BKN-ITB Kembangkan Teknologi CAT Pendeteksi Radikalisme Seleksi CPNS 2021

ZONATIMES.COM, BANDUNG – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan sistema seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN).

ITB dilibatkan dalam pengembangan teknologi Computer Assisted Test (CAT). Tujuannya, untuk peningkatan transparansi dan kemudahan dalam seleksi ASN. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BKN dan ITB pada Jumat (19/3/2021) lalu.

Dalam keterangan resmi di laman BKN, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharman menuturkan, tujaun kerja sama ini untuk membangun kepercayaan publik dari aspek transparansi seleksi.

Dalam Pengembangan teknologi CAT, BKN berharap bisa mendeteksi potensi kecenderungan radikalisme dari peserta. Agar peserta ujian sesuai tuntutan profesinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Sisi lainnya, pengembangan teknologi CAT BKN dapat mengakomodasi pelaksanaan ujian yang lebih cepat. Yang mana, lewat pemanfaatan kecerdasan buatan dan big data analytics.

“Ke depan, BKN manargetkan pelaksanaan ujian bisa dilaksanakan dimana pun secara online namun tetap terkontrol. Jika target ini terealisasi, tentu berdampak pada penghematan anggaran negara dalam seleksi ASN,” kata Suharman.

Melalui kerja sama dengan ITB, BKN menargetkan hasil yang signifikan terhadap pengembangan CAT BKN. ITB akan berupaya mengotimalkan pengambangan CAT BKN dengan menggunakan pendekatan big data analytics, kecerdasan buatan, dan race recognition untuk menganalisa jutaan pendaftran sampai dengan mentedeksi pontesi radikalisme.