Cara dan Syarat Daftar Kampus Mengajar 2021 Bagi Mahasiswa Aktif

Gambar Gravatar
Senin, 15 Feb 2021, 5: 09 pm-kampus

ZONATIMES.COM, – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempunyai program Kampus Mengajar 2021. Program ini merupakan bagian dari Kampus Merdeka.

Adapun tujuan Kampus Merdeka ialah memberikan kesempatan bagi mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Dalam program Kampus Mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia. Mahasiswa yang mengikuti Kampus Mengajar akan membantu proses belajar-mengajar di sekolah dimana ia ditempatkan.

Bagi mahasiswa yang berminat dalam program Kampus Mengajar 2021, pendaftaran dibuka mulai 9 Februari.

Syarat Mendaftar Kampus Mengajar 2021 bagi Mahasiswa Aktif

Program Kampus Mengajar 2021 menjadi kesempatan bagi mahasiswa aktif untuk mengabdikan diri di sekolah dasar dimana ia ditempatkan.
Mereka akan membantu berjalannya proses belajar mengajar.

Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program Kampus Mengajar 2021, berikut syaratnya. Syarat sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemendikbud.

1. Mahasiswa aktif minimal semester 5.

2. Memiliki IPK minimal 3.00 skala 4.00.

3.  Diutamakan memiliki pengalaman berorganisasi atau pengalaman mengajar yang dibuktikan dengan dengan surat rekomendasi, sertifikat, surat keterangan, atau dokumen pendukung lainnya.

4. Mempunyai catatan baik dan tidak bermasalah di perguruan tinggi yang dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi.

5. Bukan peserta program Kampus Mengajar Perintis 2020.

Cara Mahasiswa Aktif Mendaftar Kampus Mengajar 2021

Apabila memenuhi syarat sebagaimana yang telah ditetapkan Kemendikbud, mahasiswa bisa mendaftarkan langsung secara online. Berikut cara mendaftar program Kampus Mengajar 2021.

1. Buka website Merdeka Belajar – Kampus Merdeka atau https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021 lalu klik tombol Login di pojok kanan atas.

2. Klik pada menu Register jika belum memiliki akun di website tersebut atau langsung Login jika sudah memiliki akun.

3. Buat akun terlebih dahulu dengan mengisikan data diri antara lain: nama lengkap, tanggal lahir, email, dan memilih register sebagai mahasiswa. Verifikasi akun akan dilakukan dengan mengirimkan pesan verifikasi ke alamat email terdaftar, untuk itu pastikan alamat email aktif.

4. Login dengan akun yang telah terverifikasi tersebut.

5. Setelah masuk ke menu dashboard, pilih kategori Mengajar di Sekolah.

6. Selanjutnya akan diarahkan ke halaman Program Kegiatan dan pilih Program Kampus Mengajar Angkatan I 2021.

7. Setelah memilih program akan muncul halaman yang memuat informasi kegiatan dan Form Registrasi Kegiatan.

8. Klik melamar sekarang dan isi data untuk meng-upload persyaratan seperti transkrip nilai, rekomendasi, sertifikat pengalaman organisasi, dan pilihan lokasi mengajar.

9. Klik tombol Kirim Sekarang. Setelah ada pemberitahuan Sukses berarti data pendaftaran telah tersimpan.

Demikian syarat dan tata cara bagi mahasiswa aktif untuk mendaftar program Kampus Mengajar 2021. Kampus Mengajar ini merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Kemendikbud.