Festival Ramadan Mahasiswa MPI UINAM di Pinrang Libatkan Anak-anak Ikut Lomba

Gambar Gravatar
Jumat, 30 Apr 2021, 1: 45 pm-kampus

ZONATIMES.COM – Sabtu, 24 April 2021 kegiatan safari ramadhan dan bakti sosial HMJ MPI UINAM kembali dilaksanakan. Seperti biasanya, para mahaiswa kembali melaksanakan shalat tahajjud bersama yang dilanjutkan dengan kegiatan sahur bersama.

Kegiatan hari ini dimulai dengan kegiatan kultum subuh yang dilakukan oleh dua mahasiswa yang telah ditunjuk sebelumnya. Kultum subuh dilakukan di dua masjid yang berbeda. Masjid pertama yaitu di masjd Nurul Hikmah yang dibawakan oleh Kurniawan, Mahasiswa MPI angakatan 018, dan masjid kedua di masjid Ibrahim Bin Usman oleh Alvian Sulfatma, yang juga merupakan Mahasiswa MPI angkatan 018. Kultum subuh di masjid Nurul Hikmah di lanjut dengan kegiatan bakti sosial, yakni bersih-bersih masjid.

Pada pagi harinya, agenda kegiatan yang dilakukan adalah Festival Ramadhan 2021. Kegiatan ini melibatkan anak-anak desa sebagai peserta lomba. Adapun jenis lomba yang diperlombakan adalah lomba adzan dan lomba hafalan surah pendek.

Kegiatan ini dilakukan di masjid Ibrahim Bin Usman yang berlangsung mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00. Kegiatan itu dibuka oleh sambutan dari Tesar Arwandi selaku Ketua Umum HMJ MPI, Nur Wahidah As’ad selaku Ketua Umum Divisi Bidang Keagamaan, dan Bapak Syahrir selaku Imam Masjid Ibrahim Bin Usman yang membuka acara secara resmi.

Antusias yang sangat luar biasa dari anak-anak dan dukungan serta partisipasi dari warga maupun orang tua para peserta membuat kegiatan semakin bersemangat. Tak lupa pula, kegiatan yang dilakukan ini selalu memperhatkan protokol kesehatan. Para mahasiswa membagikan masker kepada para adik-adik peserta dan warga sekitar yang ikut hadir dalam kegiatan.

Pada sore harinya, para mahasiswa kembali melakukan kegiatan buka puasa bersama dengan masyarakat sekitar. Buka puasa kali ini, dilakukan di masjid Nurul Hikmah. Salah satu bentuk partisipasi yang diberikan oleh mahasiswa HMJ MPI adalah ikut memberikan makanan atau tajkil untuk berbuka. (Resky Nur Alifa/HMJ MPI-UINAM)