oleh

HMJ Perbankan Syariah UINAM Usai Gelar Islamic Banking Charity

Rabu, 23 Sep 2020, 10: 47 pm
Kegiatan Islamic Banking Charity (zonatimes.com)

ZONATIMES.COM, Gowa – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar usai menggelar kegiatan Islamic Banking Charity, yang dilaksanakan pada 18-20 September 2020.

Kegiatan dengan tema “Mengabdi dengan Aksi, Bergerak dengan Nurani” ini merupakan kerjasama dengan Ikatan Pemuda Peduli Sosial (IKASA) Regional Makassar dan digelar di Kampung Binaan IKASA, Jalan Aroepala, Makassar. Kegiatan dilaksanakan juga dalam rangka memperingati milad prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar dengan mengangkat tema “5tronger Together”.

Kegiatan ini dilakukan secara langsung dan berbaur dengan masyarakat khususnya anak-anak yang sedang dalam masa belajar.

Dengan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat anak-anak dalam belajar, berkarya, serta menjaga kesehatan utamanya saat pandemi covid-19 saat ini.

Baca Juga  Beredar di Kampus, Gema Pembebasan Sayap HTI, PMII UNM Makassar Angkat Bicara

Ahmad Hudzaifah Hasman selaku ketua panitia menjelaskan konsep kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, memberikan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Dalam menekan angka persebaran COVID-19 di masyarakat perlu adanya kesadaran dan pemahaman agar protokol kesehatan dapat di terapkan. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan dapat menekan angka penyebaran covid-19 baik dalam lingkungan keluarga, tempat tinggal, serta masyarakat luas. Dalam kegiatan ini anak-anak dihimbau untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga kebersihan.”

Baca Juga  Kopma UNM Cetak Bibit Unggul Wirausaha dengan CBT XXII

Kedua, pengadaan pojok baca dengan maksud menumbuhkan minat baca anak-anak sejak dini.

“Ini sangat perlu diterapkan agar kelak mereka mampu membuka jendela berpikir dengan luas serta meningkatkan wawasan mereka. Kegiatan ini dilakukan dengan membuat rak buku khusus yang mana buku-buku tersebut dari donasi yang disalurkan beberapa pihak.” Lanjut penjelasan Ahmad

Kegiatan ketiga yaitu Gerakan literasi menabung.

“Kebiasan menabung sangat perlu ditingkatkan pasalnya banyak anak-anak yang kemudian sudah menghilangkan tradisi menabung olehnya itu, kegiatan ini sangat perlu agar anak-anak kembali sadar akan pentingnya menabung apalagi saat usia masih muda.”

Selain itu ada pula kegiatan mengajar.
Kegiatan mengajar ini dilakukan oleh angakatan 2019 prodi Perbankan Syariah. Bahan ajarannya adalah lanjutan dari materi yang diajarkan kepada anak-anak setiap hari diajarkan oleh teman-teman dari IKASA.

Baca Juga  UMI Perpanjang Penutupan Kampus hingga September 2020

Bagi-bagi masker merupakan kegiatan lainnya. Masker dibagikan kurang lebih 100 masker kepada masyarakat dan anak-anak yang berdomisili di kampung binaan IKASA. Masker tersebut juga merupakan donasi dari beberapa pihak.

Juga ada berbagai lomba edukatif seperti, mewarnai, hafalan surah-surah pendek , lomba puisi.

“Kegiatan ini bertujuan menambah kreativitas anak-anak dan serta ada games seperti oper balon dan joget balon untuk menambah keseruan dari kegiatan ini.” Tutup penjelasan Ahmad

Islamic Banking Charity

Baca Juga