Ilmu Filsafat UGM Mencakup Keilmuan Barat, Timur, dan Agama

Gambar Gravatar
Rabu, 10 Feb 2021, 3: 00 pm-kampus

ZONATIMES.COM,- Universitas Gadjah Mada (UGM) mempunyai Fakultas Filsafat. Ilmu filsafat yang dipelajari mencakup tiga ranah keilmuan, yaitu Filsafat Barat, Filsafat Timur, dan Filsafat Agama.

Melansir laman resmi UGM, Filsafat Barat mencakup filsafat Eropa. Sementara Filsafat Timur mencakup filsafat Cina, India, Islam, Budha dan khasanah filsafat yang lahir dari seluruh dunia Timur.

Ketiga bagian dari keilmuan di Fakultas Filsafat UGM kemudian dibagi menjadi filsafat umum yang fokus pada etika.

Adapun filsafat religi khusus kehidupan yang mencakup filsafat religi dan budaya, serta filsafat sosial politik. Serta, filsafat khusus keilmuan di bidang teknologi.

Mahasiswa Fakultas Filsafat UGM dilatih untuk memiliki kemampuan berpikir analisis-refleksi, radikal, komprehensif, integral mengenai berbagai persoalan teoritis – praktis dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam bidang religi – budaya, ilmu teknologi, sosial – politik, dan etika.

Selain juga memiliki kemampuan menyusun dan mengkomunikasikan konsep kefilsafatan pada umumnya, dan filsafat Pancasila pada khususnya.

Lulusan Fakultas Filsafat UGM diarahkan untuk melakukan pengembangan pengetahuan dan pemahaman, kemampuan intelektual, ketrampilan praktis, keterampilan manajerial, serta sikap yang sesuai dengan bidang ilmu filsafat.

Prospek karier lulusan Fakultas Filsafat UGM berkarir dalam dunia pendidikan, PNS , kewartawanan.

Tidak menutup kemungkinan lulusan juga bisa berkarir di swasta sebagai pencipta lapangan kerja LSM bahkan di perbankan.