Ini Hasil Visitasi AUN-QA untuk 4 Prodi Unhas

Gambar Gravatar
Jumat, 05 Feb 2021, 6: 10 pm-kampus

ZONATIMES.COM, MAKASSAR – Asesor ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) melakukan visitasi pada 4 program studi Unhas. Visitasi dilakukan selama 4 hari dan ditutup pada Jumat (5/2/2021).

Penutupan berlangsung secara luring dengan membatasi peserta. Sementara yang hadir secara daring melalui Zoom Meeting yakni jajaran pimpinan Universitas Hasanuddin, Task Force Universitas dan Program Studi, dan para asesor AUN-QA.

Para asesor memaparkan temuan selama melakukan visitasi yang berlangsung pada Senin lalu. Terdapat 10 asesor yang melakukan visitasi pada empat prodi, yaitu: Prodi Ilmu Politik dan Prodi Administrasi Publik (FISIP), Prodi Bahasa Arab (Fakultas Ilmu Budaya), dan Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan (FIKP).

Adapun temuan para asesor tentang apa saja keunggulan yang dimiliki, serta area mana saja yang masih terbuka peluang untuk dikembangkan.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, temuan awal ini akan menjadi bahan bagi elaborasi internal yang dilakukan oleh AUN-QA Secretariat bersama Tim Asesor untuk memutuskan hasil akhir.

Chief Assessor, Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug, dari the La Salle University, Filipina, mengatakan bahwa proses pemenuhan kualitas standarisasi AUN-QA merupakan proses berkelanjutan. Untuk itu, masing-masing prodi diharapkan untuk terus menjaga budaya kualitas pada setiap aktivitas akademik.

Lead Asesor dan Asesor yang melakukan visitasi pada setiap program studi adalah Prodi S1 Ilmu Politik:
Dr. Tan Kay Chuan (National University of Singapore) dan Dr. Maria Elissa J.Lao (Ateneo de Manila University, Filipina)

Prodi S1 Bahasa Arab, Prof. Wan Ahmad Kamil Mahmood, PhD (Universiti Sains Malaysia) dan Prof. John Donnie A. Ramos (University of Santo Tomas, Filipina)

Prodi S1 Ilmu Politik, Prof. Dr. Sany Sanuri bin Mohd. Mokhtar (Universiti Utara Malaysia) dan Dr. Nguyen Huy Phuc (Industrial University of Ho Chi Minh City, Vietnam)

Prodi S1 Manajemen Sumber Daya Perairan, Prof. Dr. Wyona C. Patalinghug (De La Salle University, Filipina) dan Asst. Prof. Dr. Thasaneeya Ratanaroutai (Mahidol University, Thailand)

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA sebagaimana keterangan resmi Kepala Humas Unhas Ishaq Rahman, kembali menegaskan rasa syukur dan bahagia atas berakhirnya asesmen AUN-QA secara daring.

Rektor Dwia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Tim Asesor, AUN Secretariate, serta secara khusus kepada Tim Task Force pada tingkat universitas maupun program studi.

“Asesmen AUN-QA memiliki makna yang penting, bukan hanya pada sertifikasinya. Berbagai rekomendasi yang diberikan setiap akhir asesmen AUN-QA selalu saya jadikan masukan bersama, dan pada rapat koordinasi bulanan saya sampaikan kepada seluruh jajaran di lingkup Unhas untuk melaksanakan rekomendasi tersebut,” kata Prof. Dwia.

Saat ini, sebanyak 21 program studi S1 di Unhas telah memenuhi standar kualitas AUN-QA. Selain proses visitasi terhadap 4 prodi oleh AUN-QA saat ini, Unhas juga intensif mendorong akreditasi internasional oleh lembaga akreditasi lainnya.