Mahasiswa MPI UINAM Gelar Safari Ramadan dan Bakti Sosial di Pinrang

Gambar Gravatar
Jumat, 30 Apr 2021, 1: 43 pm-kampus

ZONATIMES.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) divisi bidang keagamaan bekerja sama dengan divisi bidang penelitian dan pengembangan berhasil membuat satu program kerja yaitu Safari Ramadan dan Bakti sosial dengan Tema “Menebar Kasih Serta Mempererat Ukhuwah Islamiyah di Masa Pandemi”. Kegiatan ini dilakukan selama 5 hari dimulai dari tanggal 22-26 april 2021, bertempat di Desa Polewali Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Ada beberapa agenda kegiatan yang sudah disiapkan untuk dilakukan. Salah satunya adalah kegiatan shalat tahajjud bersama yang dilakukan oleh seluruh Mahasiswa yang kemudian di lanjutkan dengan kegiatan sahur bersama.

Tidak hanya itu kegiatan lainnya yang dilakukan mahasiswa MPI adalah kegiatan bakti sosial. Kegiatan ini dilakukan dengan membantu para warga membersihkan lingkungan masjid. Tepat pada tanggal 23 April 2021 kegiatan bakti sosial di awali dengan shalat subuh berjamaah di masjid Ibrahim Bin Usman, salah satu masjid yang tidak jauh dari tempat penginapan. Sebelum melakukan kegiatan bakti sosial, mahasiswa MPI menyempatkan diri untuk berbincang-bincang terlebih dahulu dengan salah satu imam masjid sembari menunggu kegiatan bersih-bersih oleh warga dimulai.

Tepat Pukul 06.00 Wita kegiatan bersih-bersih dilakukan. Mahasiswa MPI dan warga sekitar saling bekerja sama membersihkan area masjid. Ada beberapa mahasiswa yang bertugas menyapu area dalam masjid, mengepel, membersihkan area tempat berwudhu, dan sampah-sampah yang berserakan di sekitar lingkungan masjid. Kegiatan bersih-bersih di akhiri dengan sesi foto bersama mahasiswa dan warga sekitar.

Pada sore harinya, seluruh mahasiswa bersama-sama menuju masjid Ibrahim Bin Usman untuk buka puasa bersama. Para mahasiswi membantu warga menyajikan makanan untuk buka puasa bersama. Malam harinya, mahasiswa membagi diri untuk shalat tarwih di dua masjid yaitu masjid Nurul Hikmah dan masjid Ibrahim Bin Usman. Kegiatan tarwih bersama di akhiri dengan pembagian masker kepada para jamaah. (Resky Nur Alifa/HMJ MPI-UINAM)