Mahasiswi Fakultas Teknik Andi Annisa Tenri. R Mawapres Unhas 2021

Gambar Gravatar
Jumat, 28 Mei 2021, 4: 18 pm-kampus

ZONATIMES.COM, Makassar – Andi Annisa Tenri Ramadhani dari Fakultas Teknik Unhas berhasil meraih predikat Juara Pertama pada ajang seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Universitas Hasanuddin. Annisa menyisihkan 14 mahasiswa lainnya dari berbagai fakultas di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2021 tingkat Universitas Hasanuddin.

Seleksi Pilmapres dilakukan sangat ketat dengan melewati berbagai tahapan. Seleksi diawali dengan penilaian berkas Capaian Unggulan(CU) dan presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bahasa Inggris. Seleksi tes wawasan kebangsaan di tingkat Fakultas serta tes capaian unggulan, psikotes, leaderless group discussion, group interview, presentasi KTI (dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) untuk tingkat Universitas.

Pada sesi wawancara, Selasa (25/5), Annisa bercerita sejak awal tahun 2021 di semester VI, dirinya telah menargetkan untuk mengikuti Pilmapres tingkat fakultas. Tahun sebelumnya, Annisa juga telah mempersiapkan diri, namun tidak dapat mengikuti seleksi tersebut karena tidak berada di Gowa-Makassar.

“Awalnya saya menghubungi pemenang Mawapres Teknik 2020 untuk mendapat bimbingan dari pengalamannya berlaga di Pilmapres Fakultas Teknik dan Unhas. Setelah itu saya mulai mengumpulkan sertifikat, surat keterangan aktif organisasi, sembari melakukan riset sekiranya ide apa yang akan saya bawakan untuk KTI,” jelas Annisa.

Di ajang Pilmapres, Annisa mengajukan KTI yang berfokus pada teknologi lingkungan untuk mengatasi permasalahan banjir, polusi udara, dan kebisingan di salah satu jalan raya di Kota Makassar. Topik yang dibahas sesuai dengan bidang keilmuannya di Departemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Unhas.

Saat ini Annisa telah mempersiapkan diri mengikuti Pilmapres tingkat nasional bersaing dengan mahasiswa  dari universitas lain di seluruh Indonesia. Dirinya memperdalam riset untuk KTI dengan melakukan bimbingan khusus dari pihak kemahasiswaan universitas serta bersama rekan alumni mawapres Unhas sebelumnya.

Akhir sesi wawancara, Annisa berpesan kepada adik-adik mahasiswa agar aktif mengikuti kegiatan kampus untuk meningkatkan kemampaun diri serta berprestasi mengharumkan nama Unhas.

“Menjadi Mawapres merupakan kebanggaan tersendiri dan agar dapat memotivasi adik-adik saya di Fakultas Teknik. Khususnya karena sudah lama sejak terakhir kalinya, Teknik dapat menjadi Mawapres Utama Unhas. Saya ingin menunjukkan pada adik-adik di fakultas bahwa menjadi mahasiswa organisatoris, akademis, dapat juga berprestasi. Kita hanya perlu mengatur waktu dan rencana dengan baik,” tutup Annisa.