Manajemen Pendidikan Islam UINAM Gelar Webinar Berwirausaha Kreatif dan Islami

Gambar Gravatar
Jumat, 02 Apr 2021, 12: 13 pm-kampus

ZONATIMES.COM, Makassar – Jurusan Manajemen Pendidikan Islam bersama dengan HMJ MPI Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menggelar wbinar series 1. Webinar yang mengangkat tema “Berwirausaha yang Kreatif dan Islami” dilaksanakan Kamis(1/4/2021).

Webinar tersebut juga merupakan rangkaian dari Perayaan Milad ke-27 Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Adapun grand tema yang bahas adalah “Optimalisasi Manajemen Soft Skill Kewirausahaan melalui Penguatan Praktisi dan Akademisi”.

Dipandu oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2018 Annisa Trifirjayani, kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Peserta yang hadir mencapai 267 orang. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari seluruh Himpunan Program Studi/Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam se-Sulawesi. Mereka dari Mahasiswa IAIN Palopo, Mahasiswa IAIN Bone, Mahasiswa IAIN Palu, Mahasiswa IAIN Manado, Mahasiswa IAIN Parepare, Mahasiswa IAIN Kendari, Mahasiswa STAI Al Mawaddah Warahmah Kolaka, Mahasiswa STAI Al-Munawwaroh Toli-Toli, Mahasiswa STAI AL-Ikhlas Poso, dan Mahasiswa IAIN Gorontalo.

Hadir pula Mahasiswa dan dosen dari ITB Kalla dan mahasiswa dari STIE Tri Dharma Nusantara.

Webinar menghadirkan narasumber, Dr. H. Muhammad Yahya, M.Ag. selaku dosen dari Jurusan MPI, dan Anhar Januar Malik, S.E., M.Sc. selaku Ketua Prodi Manajemen Retail Institute Teknologi dan Bisnis Kalla. Sementara yang bertindak sebagai moderator Dr. Syamsuddin, M.Pd.I.

Webinar series pertama ini juga turut diapresiasi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, yang mana beliau ikut menyempatkan waktu untuk hadir memenuhi undangan jurusan.

Ketua Jurusan MPI-Ridwan Idris- mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut program kampus merdeka belajar dan service learning.

“Sebagai bentuk penerapan service learning, nantinya saya berharap Jurusan MPI, UIN Alauddin Makassar bisa bekerja sama dengan Institute Teknologi dan Bisnis Kalla” Ridwan Idris memaparkan. Hal ini kemudian disambut baik oleh Ketua Jurusan Manajemen dan Retail Bisnis Kallah-Anhar Januar- yang juga merupakan narasumber pada webinar ini.

“Kami turut memberikan pengetahuan secara teknis kepada mahasiswa kami, yang walaupun mereka adalah mahasiswa MPI, namun butuh juga pengetahuan tentang kewirausahaan sebagai soft skill yang berguna dalam menciptakan peluang kerja baru” tutupnya.