oleh

Pulang Kampung, Mahasiswa KKN UNEJ Membuat Media Belajar Interaktif Anak Santri

Selasa, 11 Agu 2020, 12: 49 pm

ZONATIMES.COM, Kampus – Mahasiswa KKN Universitas Jember melaksakan program kerja di bidang Pendidikan keagamaan, yakni belajar, mengaji dan menghafal al-quran dengan media pembelajaran yang interaktif bagi santri.

Lokasi KKN kali ini berada Taman Pendidikan Al-Quran di TPA Nurul Hikmah Jember, dengan konsep KKN Back To Village. Yang dimana Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan dengan adanya pandemi covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia pada pertengahan bulan maret tahun 2020 hingga saat ini dengan kasus yang kian hari semakin bertambah, sehingga untuk KKN kali ini pihak dari kampus memberikan kebijakan untuk mahasiswa-nya melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di desa domisili masing-masing dengan syarat untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan dan tetap melakukan physical distancing (membatasi jarak fisik).

Baca Juga  Karena Didemo, Dekan Fakultas Ekonomi UNM Ajak Mahasiswa Dialog

Kegiatan KKN kali ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas santri untuk belajar keagamaan walaupun dalam keadaan yang seperti ini, dan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan setiap sore hari sesuai dengan jadwal mengaji santri pada hari kamis dan jum’at selama dua minggu, pelaksaannya dengan mengajak pemuda, ustadzah dan ustad di daerah tersebut, serta tetap mengutamakan protokol kesehatan dan setiap kegiatan diakhiri dengan melakukan bacaan surah-surah pendek dan sholawat.

Baca Juga  Raih 7 Medali Emas, FTK UINAM Jadi Juara Umum Piala Rektor

Bentuk antusias santri terlihat sekali ketika mereka menerima pembelajaran dengan rasa nyaman dan riang gembira, yang sebelum ada kegiatan ini aktivitas mereka dirumah saja. Ketika  salah satu dari orang tua santri yang ditanyain mengenai adanya kegiatan ini.“saya ikut senang juga mas dengan adanya kegiatan yang mengedukasi seperti ini tetapi tetap menggunakan masker, soalnya setiap kali anak saya pulang itu cerita kalau di TPA habis ada ini itu dan sebagainya” katanya.

(Dhery Shabrian Kurnia A/KKN 42/Jember/Agustin)

Baca Juga