oleh

Sekilas Mengenai Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar

Rabu, 17 Jun 2020, 7: 18 pm
Prodi Perbankan Syariah UIN Alauddin Makassar (Foto: Dwi Cahyani/zonatimes.com)

ZONATIMES.COM, Makassar – Prodi Perbankan Syariah merupakan lembaga pendidikan dimana prodi ini berperan  menyediakan tenaga jasa atau SDM (Sumber Daya Manusia) pada bidang keuangan dengan menggunakan sistem muamalah atau nilai-nilai islami, yang tentunya bebas dari kata riba, maysir, bathil dan hanya melayani pembiayaan yang bersifat halal. Prodi perbankan syariah mempelajari ilmu  tentang bagaimana mengelolah dana, melakukan transaksi, serta melakukan operasional pada sistem perbankan berlandasan syariah.

Adapun prospek kerja prodi perbankan syariah sebagai seorang Akuntan, analis kredit, staf keuangan syariah, ahli ekonomi islam, konsultan keuangan, tenaga pendidik, marketing bank, perpajakan, bank office, administrasi, tenaga perbankan syariah, peneliti pasar global, dan sebagainya.

Awal Lahirnya Prodi Perbankan Syariah di UIN Alauddin Makassar

Dengan di terbitkannya SK dari Rektorat PTAI Kemenag pada 13 Agustus 2015, menandakan lahirnya prodi perbankan syariah UIN Alauddin Makassar. Sehingga pada tahun 2016 prodi perbankan syariah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk yang pertama kali nya, yang di mana misi nya “Melahirkan lulusan-lulusan yang dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi pengembangan industry serta literasi perbankan syariah selaras dengan  visi nya, menghasilkan tenaga professional  di Bidang manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah yang Unggul dan Berperadaban.”(pbs.febi.uin-alauddin.ac.id). Prodi perbankan syariah terbilang banyak di minati oleh camaba, dapat di lihat dari data animo pendaftar yang tertulis pada buku profil prodi perbankan syariah disaat persiapan reakreditasi.

Baca Juga  FKIK UIN Alauddin Gelar Halal Bihalal, Silaturahmi Virtual

Berikut data  animo pendaftar Prodi Perbankan Syariah

(Buku Profil Prodi Perbankan Syariah)

TAHUN PEMINAT LULUS DAFTAR ULANG
2016 2702 90 86
2017 4447 95 90
2018 4327 95 89
TOTAL 11.476 280 265

Dari data di atas telah jelas bahwa prodi perbankan syariah Uin Alauddin Makassar wajar bila di minati banyak camaba pada tahun 2019, kurang lebih sekitaran 6000-an peminat dan hanya 90-an orang yang lulus. Menjadi mahasiswa/i perbankan syariah tentu akan di fasilitasi sarana dan prasarana seperti : Free wifi, Aula Fakultas, Ruangan belajar tentu nya di lengkapi dengan Ac (Air Conditioner)–pendingin ruangan, tempat parkir, perpustakaan, dan sebagai kampus peradaban pastinya tersedia 2 mushollah(khusus pria & wanita).

Selain sarana dan prasana mahasiswa/i perbankan syariah akan difasilitasi beasiswa, tapi yang perlu kita ketahui hanya mahasiswa/i tertentu saja,contoh beasiswa bidik misi (diberikan khusus kepada mahasiswa yang tidak mampu dalam kondisi ekonomi tetapi memiliki prestasi yang baik di dunia pendidikan), beasiswa BI (beasiswa ini diberikan kepada  mahasiswa/i yang memiliki IPK minimal 3.00 dan mahasiswa/i aktif yang sekurang-kurangnya sedang mengikuti semester 3, beasiswa Hafidzul Qur’an (minimal mengahafal Qur’an 5 juz pastinya maksimal 30 juz), dan beberapa beasiswa lainnya. Info lebih jelas cek di pbs.febi.uin-alauddin.ac.id

Sedikit mengenai mata kuliah prodi perbankan syariah, ketika Sma mengambil jurusan ips pastinya kalian mempelajari yang namanya akuntansi dan juga ekonomi, nah dengan mengambil jurusan perbankan syariah tentu kalian tidak akan asing lagi dengan mata kuliah akuntansi. Selain akuntansi, kalian juga akan mempelajari ilmu ekonomi yang dikaji secara mendalam, pada intinya kalian akan mempelajari materi-materi berkaitan dengan ekonomi dan bisnis islam, ya kali mempelajari ilmu astronomi hehehe

Baca Juga  Recycling Program, Rektor UMI Makassar Gandeng PT MallSampah

Di prodi perbankan syariah, terbentuk sebuah organisasi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) sebagai wadah bagi mahasiswa/i perbankan syariah untuk berkegiatan seperti menyalurkan bakat serta minat, juga melakukan kegiatan kuliah tamu, bahkan seminar nasional.

Seminar nasional yang pernah diadakan salah satunya mendatangkan Dr. Ir. H. Adiwarman Azwar Karim, dengan tema  “Risk Liquidity and Its Impact On Shariah Banking Industry 2019”. Keren kan, karena hmj perbankan syariah dapat mendatangkan seorang pakar ekonomi.

Baca Juga  Alumni Pendidikan Fisika UIN Alauddin Bantu Sembako Mahasiwa Tidak Mudik

Dengan mengambil prodi perbankan syariah tentu kita akan di bekali jiwa Enterpreneur (Pengusaha/Pebisnis) yang paham akan ekonomi syariah, cara bersikap atau bertatakrama dengan baik pun diajarkan. So, jika ditinjau dari prospek kerja perbankan syariah menjanjikan perkerjaan yang bergengsi namun mampu menghasilkan gaji yang tinggi.

Khususnya untuk Camaba di tahun 2020, sebagaimana yang kita ketahui prospek kerja perbankan syariah sangat menjanjikan karena salah satunya telah dikategorikan sebagai sebuah industry yang memiliki daya tahan yang tinggi bahkan pernah tetap eksis di saat terjadinya krisis ekonomi di tahun 1998.

Karena prospek kerjanya yang menjanjikan tentunya harus dibarengi kesungguh-sungguhan, Man-Jadda Wa-Jada ”Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil”  Where  there is a will there is a way “ dimana ada kemauan, pasti disitu ada jalan”. Nah tunggu apa lagi segera daftarkan diri kalian pada Prodi perbankan syariah di UIN Alauddin Makassar.

 

Baca Juga