oleh

SKI UIN Alauddin Gelar Webiner Nasional Bahas Sejarah Kemerdekaan

Minggu, 30 Agu 2020, 2: 07 am
Webiner Nasional Jurusan SKI UIN Alauddin Makassar (foto:ist)

ZONATIMES.COM, Makassar – Himpunan mahasiswa jurusan Sejarah dan kebudayaan Islam (HIMASKI) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses menggelar Webinar nasional dengan mengusung tema “Narasi Sejarah Kemerdekaan” melalui Zoom, Sabtu (29/07/20).

Webinar nasional ini merupakan serpihan dari segala upaya memperingati seremonial bertajuk kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan SKI, Melinda mengatakan dalam sambutanya, bahwa kegiatan tersebut digelar agar generasi muda atau para regenerasi penerus bangsa mampu menumbuhkan semangat patriotisme, nasionalisme, maupun menjadi stimulus membangkitkan kesadaran tradisi intelektual, ilmu sejarah.

Baca Juga  Alumni Pendidikan Fisika UIN Alauddin Bantu Sembako Mahasiwa Tidak Mudik

Juga sebagai proses memahami dan memaknai lebih dalam peristiwa-peristiwa penting perkembangan dan perjalanan suatu bangsa dalam pergolakan pemikiran maupun ideologi untuk merumuskan sebuah cita-cita kebangsaan.

“Ini merupakan upaya-upaya api kecil sebagai spirit pembangkit kesadaran akan pentingnya ilmu kesejarahan dalam kehidupan keseharian kita maupun pada ruang lingkup perkuliahan,’ katanya.

Menutup sambutanya, ia tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepala seluruh pihak yang terlibat dakam menyuksekan webiner nasional tersebut.

Dalam sesi pemaparan narsumber, senior di bidang sejarah, yakni Prof. Anhar Gonggong, peneliti sekaligus sejarawan nasional, serta Bonnie Triyana, Pimpinan Redaksi majalah Historia.id.

“Akar permasalahan yang harus kita hilangkan adalah karakter feodalistik kita. sebab karakter tersebut adalah warisan para kolonial dimasa lalu, yang akan berdampak terhadap watak-watak eksploitatif yang akut untuk pemuda dalam mewujudkan sebuah kemerdekaan yang sebenarnya,” papar Anhar.

Baca Juga  6 Mahasiswa UINAM Jadi Duta Kampus Asri, Simak Cerita di Dibalik Kemenangan Azka

Sebaliknya, Bonnie Triyana berpendapat bahwa kolonialisme bertumpu pada feodalisme dan kebijakan yang diskriminatif berdasarkan penggolongan ras serta kedudukan sosial.

“Disinilah upaya negara mencari lagi makna merdeka,” ungkap Bonnie.

Baca Juga