Webinar Series 3 Menutup Perayaan Milad ke-27 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UINAM

Gambar Gravatar
Sabtu, 03 Apr 2021, 10: 44 pm-kampus

ZONATIMES.COM – Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ) bersama dengan HMJ MPI UIN Alauddin Makassar menggelar webinar series 3, Sabtu (4/3/2021). Webinar series 3 kali ini mengangkat tema “Inovasi Berwirausaha di Kala Pandemi”.

Webinar ini merupakan rangkaian Webinar Series Perayaan Milad ke-27 MPI UINAM. Adapun grand tema yakni “Optimalisasi Manajemen Soft Skill Kewirausahaan melalui Penguatan Praktisi dan Akademisi”.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual (melalui Zoom Meeting), yang dipandu oleh MC yakni Annisa Trifirjayani Mahasiswa  dari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam angkatan 2018 UIN Alauddin Makassar.

Jumlah seluruh peserta mencapai 165 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh Himpunan Program Studi/Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam se-Sulawesi, yaitu Mahasiswa IAIN Palopo, Mahasiswa IAIN Bone, Mahasiswa IAIN Palu, Mahasiswa IAIN Manado.

Hadir pula Mahasiswa IAIN Parepare, Mahasiswa IAIN Kendari, Mahasiswa STAI Al Mawaddah Warahmah Kolaka, Mahasiswa STAI Al-Munawwaroh Toli-Toli, Mahasiswa STAI AL-Ikhlas Poso, dan Mahasiswa IAIN Gorontalo. Serta turut hadir memenuhi undangan Mahasiswa dan dosen dari ITB Kalla dan mahasiswa dari STIE Tri Dharma Nusantara.

Ketua HMJ-MPI, Tesar Arwandi mengucap syukur atas terselenggaranya webinar selama tiga hari berturu-turut. Dalam pelaksanaannya, kata Tesar terdapat berbagai materi-materi yang sangat bermanfaat, apalagi khususnya mahasiswa.

Lebih lanjut Tesar menjelaskan, webinar ini menjadi ajang mahasiswa berpikir bagaimana menjadikan seorang mahasiswa mandiri mampu membuka usaha, mulai bekerja menghasilkan penghasilan sendiri karena saya rasa di kehidupan sekarang.

“Kita dituntut untuk lebih maju lagi ke depannya. Harapan, agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terlaksana kembali apalagi bekerja sama dengan berbagai instansi dan MPI Se-Sulawesi atau yang lainnya,” ujar Ketua HMJ-MPI, Tesar Arwandi

Di hari penutupan kegiatan Webinar Series ini, diundang dua Narasumber yang sangat luar biasa, sebagai narasumber pertama yaitu Diah Ayu Gustiningsih, S.Pd., M.Ak. selaku dosen STIE Tri Dharma Nusantara dan Owner Rumah Produksi Tempe Tanjung

Sementara narasumber kedua, yaitu Dr. H. La Ode Ismail Ahmad, M.Th.I. selaku Dosen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Alauddin Makassar.

Webinar dipandu oleh Dra. Hamsiah Djafar, M.Hum selaku moderator.

“Webinar yang dirangkaikan dengan Milad MPI adalah kegiatan yang luar bisa dan berbeda dari biasanya. Sembari bersuka cita merayakan Milad MPI kita juga bisa menambah wawasan dengan materi Webinar. Pemateri, MC, moderator, dan tentunya materi yang sangat bermanfaat. Semoga webinar seperti ini menjadi kegiatan yang sering dilakukan Jurusan MPI.” Resky Nur Alifa-Peserta Webinar Series-

Webinar series ditutup langsung secara virtual oleh Mardhiah, S.Ag, M.Pd. selaku Sekretaris Jurusan Manajemen Pendidikan Islam FTK UINAM. Walaupun banyak kendala yang dihadapi demi terlaksananya kegiatan ini. Namun, semangat peserta, serta semangat dari rekan-rekan panitia harus sangat di apresiasi.

Tema webinar ini sangatlah bagus dan penting. Terutama untuk kalangan mahasiswa, karena akan menjadi bekal dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Ke depannya mahasiswa tidak tahu apakah akan kerja sebagai karyawan atau menjadi pengusaha. Oleh karenanya dengan bekal teori-teori serta pengalaman yang disampaikan dari seluruh narasumber, dapat menjadi ilmu yang bermanfaat untuk masuk ke dunia bisnis. (HMJ MPI-UINAM/Annisa Trifirjayani)