oleh

Workshop PLP, Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Gandeng 16 Madrasah

Gambar Gravatar-kampus - 21 Februari 2020
Pendatangan kontrak kerjasama PLP Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin dan 16 Madrasah Gowa-Makassar (Foto:Ist)

ZONATIMES.COM, Gowa – Berbeda dengan tahun sebelumnya, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tahun ini berganti dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).

Tahun sebelumnya juga, PPL itu diperuntukkan untuk mahasiswa semester 7. Berbeda untuk PLP miliki dua tahap yaitu diperuntukkan bagi semester 4 dan 7.

Diketahui PLP itu sendiri terbagi atas dua, yaitu PLP 1 ialah observasi, dan PLP 2 yakni praktik pembelajaran. Mahasiswa selama masa PLP akan fokus di sekolah.

Dosen dan guru pamong (Foto:Ist).

Penerapan regulasi baru ini. Maka pimpinan dan dosen lingkup Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar beserta kepala sekolah madrasah Gowa dan Makassar rapat penyamaan persepsi atau workshop.

Baca Juga  Teknik Arsitektur UIN Makassar Helat Archi Fest hingga 3 Desember

Selain penyamaan persepsi, Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar juga tandan tagani kontrak kerjasama dengan kepala sekolah madrasah.

Dosen, guru pamong dan kepala sekolah madrasah (Foto:Ist)

Tercatat ada 16 sekolah madrasah siap bekerjasama baik tingkat MI/SD, Mts dan MA yaitu: SDN Unggulan Pemda, MI As Shalihin, MIN 1 Makassar, MI Al Abrar, MI Madani Pao Pao, RA Madani Alauddin, RA Al Ikhlas Minasaupa, RA Cendekia Berseri Makassar.

Lanjut, MA Madani Alauddin Pao Pao, MA Guppi Gowa, MTs Madani Alauddin Pao Pao, MTsN 1 Makassar, MTsn Gowa, MTs Bahrul Ulum, MTs As Shalihin, MTs Guppi Gowa.

Baca Juga  Himagara UNM Galakkan PKTI dalam Menyebarkan Virus Literasi

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium UIN Alauddin Makassar, Jumat, 21 Februari 2020 dan dihadiri dosen pembimbing, guru pamong serta seluruh Kepala sekolah Madrasah yang bermitra.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Dr. A. Marjuni berharap kepada seluruh dosen dan guru-guru pamong tiap madrasah menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

“Kami meminta seluruh dosen dan guru guru untuk memiliki komitmen tinggi dalam mengembang tugas mulia ini, mendidik dan mendampingi adek-adek mahasiswa menjalankan tugasnya,” ujar Dr Marjuni.

Baca Juga  Karena Didemo, Dekan Fakultas Ekonomi UNM Ajak Mahasiswa Dialog

Ada beberapa orientasi peserta atau mahasiswa PLP Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin yaitu:
1. Pengamatan langsung dgn budaya sekolah
2. Pengamatan manajemen sekolah
3. Pengamatan struktur organisasi
4. Pengamatan serimonial formsl disekolah
5. Pengamatan proses pembelajaran.

Komentar

Baca Juga