oleh

Era Digital, Ini Kiat-kiat yang Perlu Diperhatikan Pemimpin

Gambar Gravatar-Karier - 7 September 2019

ZONATIMES.COM – Tak bisa lagi dimungkiri, digitalisasi sudah menyentuh segala aspek kehidupan. Era digital membawa banyak kemudahan dalam melakukan pekerjaan.

Era digital ini juga membuat kita untuk mengubah cara pandang. Khususnya bagi pimpinan suatu perusahaan.

Dilansir dari Job-Like, Country Manager Robert Walters Indonesia, Eric Mary mengatakan, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan pemimpin. Termasuk dalam menangani genarasi di tempat kerja.

Kemampuan berkomunikasi

Seorang pemimpin dituntut untuk mampu berkomunikasi tidak hanya secara fisik dengan bertatap muka, namun juga piawai dalam berkomunikasi melalui berbagai saluran berbasis teknologi yang dapat menunjang efektivitas dan efisiensi dalam bekerja seperti e-mail, aplikasi, hingga chat messenger.

Berpikiran terbuka

Seorang pemimpin harus memiliki pemikiran yang terbuka untuk memberikan kesempatan bagi karyawannya dalam melakukan pekerjaannya dengan metode sesuai dengan culture dan cara kerjanya masing-masing, selama hasil yang disampaikan tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Tanggap terhadap perubahan

Pemimpin di era digital, harus memiliki kepekaan dan kecepatan dalam melihat dan menilai suatu perubahan. Serta mengintegrasikan informasi tersebut menjadi keputusan dalam menjalankan perusahaannya.

Perkembangan teknologi yang pesat telah turut mengubah kebiasaan dan perilaku pasar.

Berani mengambil risiko

Karena perubahan terjadi sangat cepat, maka perusahaan harus turut bertransformasi dalam rangka beradaptasi dengan perubahan.

Untuk itu, saat ini seorang pemimpin perusahaan harus berani mengambil risiko dengan bereksperimen mencoba cara baru dan menilai cara mana yang paling efektif untuk diterapkan perusahaan.

Komentar

Baca Juga