Komunitas Teman MABAR Hadir di Bulukumba, Dorong Peningkatan SDM

Gambar Gravatar
Selasa, 03 Nov 2020, 11: 28 pm-Komunitas

ZONATIMES.COM, Bulukumba – Puluhan anak muda Kabupaten Bulukumba menggelar diskusi Publik dan Launching Komunitas Teman MABAR bertajuk “Sinergi Karya Anak Muda : Energi Pariwisata & Ekonomi Kreatif Kab. Bulukumba” di Redmont Cafe, Minggu (1/11/2020).

Komunitas Teman MABAR yang tergabung anak muda dari berbagai kecamatan di Bulukumba ini dinisiatori Mantan Sekretaris Yayasan STMIK Handayani, Wamil Nur.

Pada acara tersebut hadir Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba, H. Rijal dan Juru Bicara Millenial ASIK, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba H. Askar HL- Arum Spink, Isei Audrey Natanti.

Di hadapan pemuda milenial, Wamil Nur mengatakan, Teman MABAR merupakan komunitas yang dibentuk untuk memperjuangkan dan mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bulukumba.

“Salah satu cara mengurangi pengangguran di Kabupaten Bulukumba adalah dengan meningkatkan Keterampilan personal. Saat ini dibutuhkan keseriusan pemerintah dalam memberikan wadah bagi peningkatan sumber daya manusia,” jelas Wamil sapaan pemuda Bulukumba itu.

Menurut mantan Presiden ASSET itu, dengan keterampilan Bahasa Internasional dan Digital, maka generasi muda Bulukumba dapat berkarier di berbagai bidang bahkan dapat membuat perusahaan sendiri. Salah satu langkah kongretnya butuh dibentuk badan independen dalam rangka percepatan peningkatan SDM.

Sementara itu, Jubir Milenial ASIK Isei Audrey Natanti yang juga menjadi narasumber pada acara tersebut, ia mengatakan, Bulukumba memiliki potensi pariwisata yang luar biasa.

“Dengan SDM yang baik maka kita dapat mengembangkan pariwisata yang ramah baik terhadap lingkungan dan manusia,” terang dia dalam penyampaian materinya.

Isei juga menceritakan pengalamanannya mengelola pariwisata di NTT, kata dia dalam hal pengelolaan pariwisata dibutuhkan power of millennial dan power of media social. Dengan hal tersebut memberikan nilai branding tersendiri bagi pariwisata di Bulukumba.

“Dengan skill bahasa, anak muda dapat menjadi tour guide dan berjejaring dengan wisatawan mancanegara,” lanjut Isei, wanita cantik asal Bulukumba.

Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal menjelaskan bahwa dalam proses pengambilan keputusan di pemerintahan dibutuhkan kerjasama yang nyata antara legislatif dan eksekutif. Sehingga kebijakan-kebijakan terkait dengan industri kreatif dapat didorong sebagai salah satu sektor potensial dalam meningkatkan PAD.

“Anak muda penting menentu pilihan dan harus menjadi pemilih cerdas pada pilkada 2020. Pasangan Bulukumba ASIK mempunyai program peningkatan SDM dan tentu saja mengurangi tingkat penggangguran di Bulukumba,” ujar Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bulukumba ASIK.