oleh

PMII FEBI UIN Alauddin Gelar Pelatihan Menulis Berita Lewat Daring

Jumat, 10 Apr 2020, 2: 33 am
Foto ilustrasi (Wikihow)

ZONATIMES.COM, Makassar – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Cabang Makassar menggelar Pelatihan Menulis Berita, Kamis (9/4/2020).

Pelatihan lewat online atau dalam jaringan (Daring) itu diikuti 32 peserta dengan memanfaatkan aplikasi via WhatsApp grup.

Sebelum dimulai materinya, Moderator Zulfa Amani terlebih dulu memberi pengantar materi kepada peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber, Rudi Salam, jurnalis Tribun Timur.

Baca Juga  PMII UIN Alauddin Bantu Korban Kebakaran di Barru Lewat Lapak Literasi di Kampus

Dalam penyampaian materinya, Rudi Salam lebih banyak menyampaikan terkait metode penulisan dan etika kepenulisan. Selain itu, ia juga berpesan kepada peserta agar lebih giat belajar dan terus latihan menulis.

“Semoga teman-teman bisa rajin mencoba menulis lagi. Karena untuk menjadi penulis harus banyak mencoba intinya, terutama untuk menulis berita. Dimulai dengan hal-hal sepele lah, dibiasakan. Semua hal yang terbiasa akan terasa mudah,” kata Rudi.

Sementara itu, Koordinator Keilmuan dan Penalaran PMII Rayon FEBI UINAM Cabang Makassar, Rahmat mengatakan kegiatan ini sangat baik dan bisa memberikan edukasi tentang penulisan berita.

Baca Juga  PERSAKMI Selayar Edukasi Warga dan Bagi-bagi Masker di Pasar Batangmata

”Saya merasa bahwa kegiatan ini sangat baik, bisa memberikan edukasi penulisan berita yang baik dan benar, selain itu memberikan aktivitas bagi para peserta untuk tetap di rumah saja, bisa jadi dengan munculnya kebiasaan menulis berita mereka tetap di rumah saja,” terangnya.

Serupa juga yang disampaikan oleh Ketua PMII Rayon FEBI UINAM cabang Makassar, kita berharap dengan adanya kegiatan tersebut sahabat rayon FEBI UINAM punya kemampuan untuk menulis berita.

“Jadi kegiatan ini kami laksanakan selain dengan tujuan untuk mengisi kegiatan sahabat-sahabat di rumah agar terus produktif. Juga pelatihan online ini diharapkan kemudian agar sahabat rayon febi itu punya kemampuan menulis berita, sehingga nantinya setiap ada kegiatan yang dilaksanakan dan isu-isu yang beredar bisa kita angkat ke media oleh citizen PMII Rayon FEBI,” harapnya.

Baca Juga  IKA DDI Makassar Gelar Dialog 'Milenial Memaknai Toleransi'

Citizen Journalist
Fakhri Mahendra Sulaeman

Baca Juga