Webinar Kwartir Cabang Wajo dihadiri Pramuka Luar Negeri

Webinar Kwartir Cabang Wajo Dihadiri Pramuka Luar Negeri

ZONATIMES.COM, Wajo – Ada yang menarik sekaligus special dalam pelaksanaan Webinar Kepramukaan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo Jumat (24/7/2020).

Kegiatan Webinar Kepramukaan kali ini dihadiri langsung oleh Perwakilan Pramuka Garuda yang berasal dari Luar Negeri.

Perwakilan Pramuka Garuda yang berasal dari Luar Negeri yakni Megan Heany, yang berasal dari Pramuka Australia dan Jose Arias dari Kolumbia.

Kedua Pramuka Garuda Luar Negeri tersebut diundang secara khusus oleh Ir. Abustan Idris, Pelatih Pembina Pramuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) yang merupakan Narasumber Utama pada kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Megan Heany mengungkapkan bahwa penghargaan tertinggi seorang pramuka atau Scout di Australia disebut dengan Queen Scout Award.

“Queen Scout adalah pencapaian atau tingkatan tertinggi seorang Scout di Australia dengan berbagai item kegiatan yang harus diselesaikan,” kata Megan Heany.

Berbeda halnya yang diungkapkan Jose Arias dari Kolumbia, ia menunjukkan beberapa atribut dan tanda-tanda pengenal yang biasa dikenakan oleh seorang pramuka garuda di negaranya.

Ia juga mengungkapkan terima kasih serta apresiasi kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo karena telah diberikan kesempatan untuk hadir, bertatap muka serta berdialog langsung dengan anggota Gerakan Pramuka.

Berbeda pula yang diungkapkan oleh Ir. Abustan Idris.,M.Eng, selaku Narasumber bahwa ada beberapa istilah yang biasa digunakan untuk Pramuka Garuda di beberapa Negara. Diantaranya Eagle Scout (Amerika Serikat), Pengakap Raja (Malaysia), Pengakap Sultan (Brunei Darussalam), King Scout (Singapura), Puji Scout (Jepang), Tiger Scout (Korea) dan berapa istilah lainnya.

“Mencapai tingkatan Pramuka Garuda pada dasarnya hanya merupakan alat dan sarana untuk mencapai tujuan dari Gerakan Pramuka. Tujuan Gerakan Pramuka adalah Pembentukan karakter kaum muda baik dari segi Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik (SESOSIF)”

“Dan yang lebih penting adalah dapat menjadi teladan serta dapat memberikan manfaat serta dampak yang baik bagi lingkungannya,” ungkap Ir. Abustan Idris.

Kegiatan Webinar Kepramukaan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo pada sesi kali ini fokus pada Pencapaian Pramuka Garuda Golongan Penegak dan Pandega.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Google Meeting dan hadiri oleh Pembina Gugus Depan dan Pramuka Penegak Pandega Kwartir Cabang Wajo dan beberapa perwakilan Kwartir Cabang dan Kwartir Daerah (Kak Sakti).