oleh

5 Tips Agar Cepat Tidur Lagi Setelah Bangun Tengah Malam

Gambar Gravatar-Lifestyle - 28 September 2019

ZONATIMES.COM – Jika anda terbangun di malam hari, bisa jadi penyebab kamu kurang tidur. Sebab, anda jadi susah buat tertidur lagi. Penyebab masalah ini bisa beragam dari satu orang ke orang lainnya misalnya, karena kebelet pipis atau sedang stres. Berikut ini adalah trik yang bisa kamu coba ketika kamu susah tidur lagi usai terbangun.

1. Hindari Memegang Smartphone atau HP

Kalau bangun di tengah malam wajib nih jangan membuka atau memegang ponsel meskipun durasinya menggunakan tidak terlalu lama buka Instagram, Twitter, atau buka e-mail. Bukan cuma stres melihat kerjaan yang menanti karena buka e-mail kantor, cahaya dari gadget bisa mengacaukan hormon. Alhasil, kamu akan dibuat nggak ngantuk-ngantuk lagi.

2. Latihan pernapasan

Tubuh yang tegang mungkin tidak bisa tidur dalam waktu cepat, jadi Anda harus memastikan santai di tempat tidur. Lakukan latihan pernapasan, tarik napas melalui hidung, kemudian embuskan lewat mulut. Menurut Erich P Voigt dari New York University, Anda bisa membantu menidurkan pikiran dengan mengulangi frasa-frasa umum, seperti ‘santai’ dalam irama napas Anda.

3. Bangun dari tempat tidur

Mungkin kamu pikir kalau berdiam diri di kasur bikin cepat terlelap. Tapi kok gagal? Lebih dari 20 menit masih susah tidur, dari pada stres mikirin mengapa kamu susah tidur, mendingan kamu keluar dan melakukan aktivitas yang bikin cepat ngantuk misalnya membaca atau minum teh herbal. dan ingat hindari nonton tv.

4. Stop melihat jam

Terus-menerus memeriksa untuk melihat jam berapa sekarang, berapa lama kamu sudah bangun, dan jam yang tersisa sampai jam kerja dapat menyebabkan stres dan kegelisahan untuk tidur, sehingga sulit untuk tertidur kembali.

5. Coba relaksasi

Relaksasi otot progresif adalah salah satu cara untuk membuat pikiran dan tubuh merasa lebih baik. Untuk mencobanya, mulailah dengan menegangkan jari kaki selama lima detik, kemudian santai. Ulangi pola menegangkan dan mengendurkan otot-otot. Atau, tarik napas dalam-dalam, rasakan perut naik dan turun. Strategi lain, hitung mundur dari 100. source detik

Komentar

Baca Juga