oleh

Hindari Konsumsi Buah-buahan ini bagi Penderita Maag,

Gambar Gravatar-Lifestyle - 23 September 2019
Hindari Konsumsi Buah-buahan ini bagi Penderita Maag,

ZONATIMES.COM Bagi orang penderita penyakit lambung dan pencernaan lainnya, kadang mereka harus pandai dalam memilih makanan yang patut dimakan. Agar dapat memperbaiki rasa sakit dari asam lambung adalah menghindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan keasaman lambung tersebut.

“Ketika seseorang mengalami sakit maag, hindari makanan yang pedas dan asam. Selain itu, untuk minuman, jangan yang berkafein, soda dan alkohol. Termasuk buah yang asam,” ujar Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi seperti dilansir detikHealth.

Buah-buahan memang memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Tetapi ternyata bagi orang yang memiliki penyakit maag, harus pilih-pilih buah yang boleh dimakan dan yang tidak. Menurut dr Helmin, ada beberapa buah berkontribusi terhadap asam lambung dan harus dihindari saat mengobati asam lambung.

Baca Juga  Cara Usir Ngantuk Saat Rutinitas di Kantor

“Buah yang perlu dihindari adalah buah yang asam seperti mangga muda, kedondong muda, strawberry dan yang bergas tinggi seperti nangka,” ujarnya.

dr Helmin menjelaskan, buah-buahan yang mengandung rasa asam akan meningkatkan keasaman di lambung. Sehingga, ketika seseorang mengonsumsi makanan apapun yang asam, termasuk buah, lambung akan semakin iritatif yang mengakibatkan timbulnya gejala-gejala sakit maag.

Menurut dr Helmin, untuk menjaga pencernaan agar terhindari dari maag, jaga frekwensi dan waktu makan diatur dengan baik sehingga ada ritme yang stabil dan tidak mengacaukan fungsi pencernaan.

Baca Juga  Tertarik ? Putri Indonesia 2020 Segera di Buka di Sumut

“Untuk buah yang asam sebaiknya dihindari terutama saat perut kosong. Sebangkan buah-buahan yang manis dapat dikonsumsi kapan saja termasuk saat perut kosong,” jelasnya.

Bagi yang memiliki banyak aktivitas, seringkali perut tak terpikirkan yang menyebabkan gejala sakit lambung. Karena itu, menurut dr Helmin, upayakan selalu membawa makanan kecil untuk mengantisipasi jika tidak sempat makan besar.

“Makan teratur dan tidak membiarkan lambung kosong dalam jangka waktu lama akan membantu lambung lebih sehat, dan dapat mencegah terjadinya sakit maag,” ujarnya.

Baca Juga  Jenis Alas Kaki Yang Cocok Digunakan Saat Musim Hujan

Selain itu, jika memang kamu sudah mengalami gejala asam lambung yang membuat perut terasa perih, segeralah minum Promag yang bisa mengatasi gejala asam lambung dengan cepat.

Bahan aktif antasida yang terkandung dalam Promag di antaranya magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit maag pun bisa reda dengan cepat. (*)

Komentar

Baca Juga