Studi Ungkap Manfaat Jalan Kaki 10 Menit per Hari Bisa Perpanjang Usia

Gambar Gravatar
Jumat, 04 Feb 2022, 3: 17 pm-Lifestyle

ZONATIMES.COM – Sebuah hasil penelitian mengungkap manfaat dari aktivitas jalan kaki jika dilakukan konsisten setiap hari. 

Hasil studi tersebut telah dipublikasi oleh AMA Internal Medicine. 

Dijelaskan bahwa menambahkan waktu jalan kaki 10 menit lebih lama atau jenis aktivitas fisik moderat lainnya setiap hari ternyata dapat membantu mencegah lebih dari 110.000 kematian setiap tahun.

Tak hanya itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga merekomendasikan semua orang dewasa untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Hal ini dianggap mampu membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan mencegah kematian dini.

Tetapi bagi banyak orang, 150 menit itu adalah target yang sulit untuk dicapai. 

Analisis tersebut menunjukkan bahwa setiap menit latihan berarti dan bahwa setiap menit yang bertambah memiliki manfaat. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh David Berrigan PhD MPH, seorang ahli biologi di NCI dan rekan penulis penelitian dilansir dari Liputan6. 

Jika Anda sudah lama tidak aktif bergerak, penelitian ini memberi Anda lampu hijau untuk memulai dari yang kecil. Yah cukup dimulai 10 menit saja dulu. Itu dilakukan setiap hari.

Berjalan bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari atau meningkatkan energi Anda di sore hari. Tetapi ada dua hal yang perlu diingat: Anda harus melakukannya dengan singkat, dan apapun bentuk aktivitas fisik yang Anda pilih, pastikan untuk tetap melakukannya. 

Misalnya, jika Anda sudah memiliki kebiasaan bangun jam 6 pagi dan sarapan jam 7 pagi, tetapkan tujuan berolahraga selama 10 menit di antara bangun dan makan.

Anda juga dapat menggunakan lingkungan Anda untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Misalnya berjalan cepat melalui tempat parkir adalah pilihan yang baik, atau cukup menggunakan tangga daripada lift atau eskalator. 

Pedro F. Saint-Maurice PhD, seorang rekan postdoctoral di NCI dan penulis utama studi tersebut mengatakan, bahwa apapun yang Anda lakukan, ketahuilah bahwa sepuluh menit itu berarti. 

Anda juga dapat mencoba aktivitas yang Anda sukai sebagai alternatif berjalan, seperti bersepeda, mendaki gunung, menari, atau berolahraga apa pun yang menggerakkan otot Anda.