Lantik Panwas Tamalate, Zulfikarnain Tegaskan Jaga Integritas

Gambar Gravatar
Selasa, 03 Mar 2020, 2: 44 pm-Makassar

ZONATIMES.COM, Makassar- Anggota Bawaslu Kota Makassar Koordinator Divisi Pengawasan, Zulfikarnain, S.IP ketiga kalinya menghadiri kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PPKD) se Kecamatan Tamalate, Rabu (18/3/2020)

Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kecamatan Tamalate di Aula Kantor Kecamatan Tamalate, Jalan Danau Tanjung Bunga, Kelurahan Maccini Sombala Makassar.

Kegiatan yang turut dihadiri Camat Tamalate, Danramil Tamalate, Polsek Tamalate dan Lurah se Kecamatan Tamalate ini berlangsung dengan khidmat. Betapa tidak, Koordinator Divisi Pengawasan, Zulfikarnain di hadapan 11 orang Panwas Kelurahan yang dilantik pada hari ini, memberikan pesan penting dan semangat bagi Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PPKD) se Kecamatan Tamalate yang baru saja dilantik.

Zulfikarnain beberapa kali menegaskan pada beberapa pelantikan sebelumnya agar PPKD yang baru saja dilantik untuk menjaga dan menjunjung tinggi nilai integritas dan professional dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pemilihan sesuai amanat undang-undang demi mewujudkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2020 yang berintegritas tinggi.

“Mengingat banyaknya anggaran yang digunakan pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah bahkan mencapai ratusan Milyar, maka seharusnya kita sebagai pengawas pemilu yang menggunakan anggaran tersebut agar menjalankan tugas secara professional dan berintegritas,” jelas Zulfikarnain.

Kordiv. Pengawasan juga menegaskan kepada PPKD yang baru saja dilantik untuk memperhatikan dengan baik tugas-tugasnya. Untuk lingkup PPKD, wewenangnya harus dimaksimalkan pada pencegahan dan pengawasan.

“Tugas PPKD yang utama adalah melakukan pencegahan dan pengawasan. Untuk mekanisme penindakan diserahkan kepada Panwascam. Salah satu cara pencegahan adalah memperkuat koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik itu pemerintah setempat, penyelenggara ad-hoc setingkatnya dan pihak lainnya,” tutup Zul saapan akrabnya.